Home » » Berpuasa Syawal 6 Hari

Berpuasa Syawal 6 Hari

Puasa Syawal 6 Hari adalah merupakan salah satu jalan yang bisa ditempuh oleh seorang hamba untuk mendapatkan kecintaan Sang Khalik Allah Ta'ala dengan melakukan suatu amalan ibadah sunnah puasa setelah berpuasa wajib ramadhan 1 bulan penuh. Karena memang puasa sunnah Syawal 6 hari adalah bagian dari berbagai macam puasa sunnah yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW pula.

Anjuran berpuasa bulan syawal ini berdasarkan atas sebuah riwayat hadist yang berbunyi :"Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh." (HR. Muslim). Dan dalil hadits mengenai anjuran menjalankan puasa di bulan syawal karena memang di dalam bulan syawal terdapat juga banyak keutamaannya.

Puasa Syawal 6 hari


Setelah pemerintah melalui kementrian agama RI telah melakukan Penetapan 1 Syawal yang artinya kita semuanya Umat islam di seluruh dunia merayakan idul fitri yang mempunyai banyak hikmah dan makna Idul Fitri ( Hari Kemenangan) itu sendiri, maka kita juga disunnahkan untuk meneruskan amalan ibadah sunnah puasa dengan berpuasa selama 6 hari pada bulan Syawal ini.

Pahala puasa Syawal adalah seperti kita berpuasa selama 1 tahun penuh. hal ini berdasarkan hadist yang berbunyi :"Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. [Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal]." (HR. Ibnu Majah ).

Seseorang yang melakukan satu kebaikan akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang semisal. Puasa ramadhan adalah selama sebulan berarti akan semisal dengan puasa 10 bulan. Puasa syawal adalah enam hari berarti akan semisal dengan 60 hari yang sama dengan 2 bulan. Inilah yang dimaksud dengan Puasa Syawal.

Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh. (Lihat Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/56 dan Syarh Riyadhus Sholihin, 3/465). Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat ini bagi umat Islam.

Hikmah keutamaan puasa sunnah Syawal adalah salah satunya bahwasannya puasa selama 6 hari di bulan syawal merupakan juga menyempurnakan rangkaian ibadah puasa Ramadhan. Untuk itulah maka barangsiapa yang berpuasa Ramadhan sebulan penuh, dan selanjutnya menunaikan berpuasa sunnah pada bulan Syawwal, maka dia akan mendapatkan pahala puasa selama setahun penuh.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment