Home » » Tunjangan Profesi Guru Kemenag Cair 2016

Tunjangan Profesi Guru Kemenag Cair 2016

Tunjangan profesi guru PNS Non PNS Guru Honorer Kementrian Agama dipastikan akan cair di tahun 2016. Tentunya hal ini akan menjadi kabar gembira bagi para guru hononer Non PNS Kemenag akan mendapatkan rapelan TPG awal tahun 2016.

Hal ini diungkapkan oleh Deding Ishak selaku Wakil Ketua Komisi VIII seperti dilansir dari antaranews.com terkait dengan pembayaran tunjangan profesi guru (TPG) non-PNS Kemenag.

Tunjangan Profesi Guru Kemenag Cair 2016

Deding Ishak menjelaskan tunjangan para guru agama honorer ini akan cair mulai 2016.

"Selama ini kita sering mendapatkan pengaduan dari para guru yang tunjangannya tidak terbayarkan. Makanya kita bersama-sama memperjuangkan dan Alhamdulillah akhirnya lahir SK inpassing untuk merelokasi anggaran tambahan pembayaran tunjangan guru honorer," katanya.

Selama ini Komisi VIII sering mendapat pengaduan dari para guru honorer yang tunjangannya belum dibayarkan, baik tahun 2015 bahkan ada yang dari 2014. Tunjangan itu beraneka ragam mulai dari tunjangan profesi, sertifikasi, inpassing yang tidak bisa dibayarkan akibat tidak ada anggaran.

Dalam pembahasan Rencana Kerja Anggaran Kementerian dan Lembaga (RKA K/L) antara Komisi VIII dan Kementerian Agama disepakati bahwa untuk membayarkan tunjangan terutang para guru agama honorer itu maka perlu direlokasikan sejumlah anggaran di Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)), Ditjen Pendidikan Islam, Ditjen Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Litbang hingga kesekjenan.

"Ini hasil perjuangan semua fraksi di Komisi VIII yang selama ini sering mendapat pengaduan dari para guru yang datang ke Komisi VIII maupun saat mereka turun ke dapil," katanya.

Anggota Komisi ini banyak mendapatkan keluhan tentang tunjangan guru-guru agama honorer yang belum terbayarkan.

Komisi VIII DPR akhirnya berhasil memperjuangkan aspirasi para guru agama non-PNS yang selama ini tunjangannya tak terbayarkan karena pemerintah setuju menyediakan anggaran Rp1,4 triliun untuk pencairan pembayaran tunjangan sertifikasi guru honorer kementrian agama tahun 2016.

Tata Cara Pembayaran Tunjangan Profesi GBPNS Pada Kemenag


GBPNS adalah guru bukan pegawai negeri sipil pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Guru-guru non-PNS di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) harus lebih bersabar menunggu pencairan tunjangan profesi guru (TPG). Sebab Kemenag merencanakan TPG tahun anggaran 2016 baru cair April mendatang.

Sekjen Kemenag Nur Syam mengatakan, Kemenag baru saja mengeluarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) 43/2014 tentang tata cara pembayaran TPG bagi guru bukan PNS (GBPNS). "Dalam aturan ini, memang dinyatakan bahwa pencairan 2016 di mulai Januari".

Pembayaran Tunjangan Profesi bagi GBPNS sebelumnya telah diatur dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 73 Tahun 2011 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembayaran Tunjangan Profesi dan Bantuan Tunjangan Profesi Guru/Pengawas dalam Binaan kementerian Agama.

Inpassing Guru Non PNS 2015-2016


Nur Syam selaku Sekjen Kemenag kembali menjelaskan besaran TPG bagi guru non-PNS ditetapkan sebesar Rp 1,5 juta per bulan. Nominal ini dikecualikan bagi guru-guru non-PNS yang mengikuti program inpassing (penyetaraan).

Guru yang mengikuti program penyetaraan, mendapatkan TPG seperti PNS untuk golongan pangkat tertentu sesuai dengan tingkatan inpassing-nya.

Mantan Rektor IAIN (sekarang UIN) Sunan Ampel Surabaya itu menjelaskan, pencairan TPG tahun depan tidak akan molor seperti periode sebelumnya. Sebab saat ini anggaran Kemenag tidak lagi ditahan (dibintangi) oleh DPR seperti pada 2013 lalu.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

29 komentar:

  1. Bo'ong lu ah, buktinya yg cair tunjangan para PNS doang...GBPNS mah dibiarkan sekarat dan mati...

    ReplyDelete
  2. sabaaaar, Insya Alloh rezeki yang telah Alloh takdirkan tetap kita terima

    ReplyDelete
  3. Kalau memang rezeqi kita, insya Allah akan kita terima juga,, wlwpun kita tak tau kapan xampe'nya...
    Wallahua'lam...

    ReplyDelete
  4. Guru adalah pejuang yg tak teryandingi, pejuang yg sabar dan ikhlas... Semoga Allah senantiasa memberi kesabaran kepada kita semua.. Amien..

    ReplyDelete
  5. Tunjangan Profesi Guru Kemenag Cair 2016, cerita lama itung -itung dari pada tidak ada pekerjaan

    ReplyDelete
  6. Tunjangan Profesi Guru Kemenag Cair 2016,mau ganti berapakali menteri tetap sama bohong orang, karena pekerjaan buakan sebagai amanah namun pekerjaan sekedar mencukupi kebutuhan hidup

    ReplyDelete
  7. Guru depag yg swasta Anak tiri,,,, jokowi kmn sj,,,,???

    ReplyDelete
  8. Dihitung2 gak dpt untung..akhirnya buntung..

    ReplyDelete
  9. mana sampe deetik inijuga blm turun,,,,

    ReplyDelete
  10. sabar pak/bu kalau sudah waktunya pasti akan masuk dalam daftar rejeki kita biarkan mereka bekerja dan kita juga bekerja

    ReplyDelete
  11. Negaranya juga mo bangkru,kaga mampu bayar TPG, kacian

    ReplyDelete
  12. sk inpassing juga amburadul ada yang udah 20 tahunan mengajar udah sertifikasi tapi sk inpassingnya ga tahu kemana padahal udah masuk yang diusulkan th 2011. eh guru yang baru 6,7 tahun ngajar udah dapat sk inpassing. punya hati pa ngga sih ????

    ReplyDelete
  13. Janji janji terus...tidak takut Tuhan wahai para pejabat yang religius?

    ReplyDelete
  14. Kenapa selalu menjadi lagu lama???

    ReplyDelete
  15. Ulama hikmah berkata: Siapa yg didlm dirinya msh terdpt pertanyaan "kenapa" dan "bagaimana" ,maka sungguh ia belum mengenal Allah swt dan segala jaminannya..wallahu a'lam ,,,siapakah yg mencukupi segala kebutuhanmu?siapakah yg membayar cicilan dan hutangmu?siapakah yg dan siapakah yg,,,sebagai org yg beriman dan menyakini adanya Allah,pastinya dia tenang,krn semua jawabannya adalah Allah,,dan akal dan kecerdasan manusia terbatas,,,so...hasbunallah aja kawan,jgn ribut soal serti,sebab tdk ada manfaatnya berkeluh kesah dan saling menjelekkan,,bersikaplah yg kalem disertai doa. Salam damai selalu...guru MI.Tarb alIslamiyah Srengseng kembangan jakbar

    ReplyDelete
  16. Bagaimana yg baru lulus sertifikasi tahun 2015 ni?blum ada informasi jg kpn pemberkasannya?

    ReplyDelete
  17. Sabar.... Insya Allah segala urusan kita mendapat berkah dari Allah.

    ReplyDelete
  18. Boong.. tong kosong.. sampe skrg g ada tuh... cuma nyaring bunyinya...

    ReplyDelete
  19. Huuuuu....katanya april cair 2016 ? Ni april sdh berlalu....apa april tahun gk tahu tahunnya ? Gk sah janji dech kl cm PHP. Kasihan para guru non PNS.

    ReplyDelete
  20. Istighar kawan...ingat kita pejuang tanpa tanda dan jasa

    ReplyDelete
  21. Pemberkasan udah dilaukan jauh hari beberapa bulan yang lalu, sampai hari ini hampir tahap ke 2, tahap ke 1 nya belom cair2, apa gak mikir kalau orang butuh makan, harusx menjdi gambaran bahwa kadang yg sudh berpangkat tinggi yg pasti gajix perbulan mengeluh, bagaimna dengan yang honor sampe 6 bulan... apa mesti nunggu 6 bulan lalu makan...???

    ReplyDelete
  22. pak. saya mau nanya,asaya adalah guru pns agama islam yang diangkat oleh kemendikbud,dan saya mendengar rumor bahwa tunjangan guru agama islam yang belum sertifikasi, kemeneg yang mengambil alih? karena tunjangan non sertifikasi teman teman saya yg bukan guru agama sudah pada cair semua,sedangkan kami para guru agama islam yang sk kemedikbud gak keluar`.

    ReplyDelete
  23. BAGI GURU SWASTA NON PNS, HARAP BERHATI HATI TENTANG KELENGKAPAN PERSYARATANNYA, ITU NANTI WAJIB DI SELEKSI LAGI PADA PIHAK TERKAIT TENTANG SK IMPASSING-NYA. MENGENAHI IMPASSING SETIDAKNYA PERLU DI TELITI LAGI BAB KELULUSANNYA DALAM BERGELAR SARJANA-NYA YANG DI DAPAT DAN BANYAK DATA DATA GURU SWASTA YANG BANYAK TIDAK SESUAI KENYATAAN YANG DI LAPANGAN KERJANYA ( SEMUA DATA TERSEBUT BANYAK TERDAPAT KEPALSUAN BERWIYATA). KAMI MERASAKAN CURIGA BIODATA DAN DATA MEREKA ( GURU SWASTA ) BANYAK BOHONG BERUSAHA UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN IMPASSING TERSEBUT. KAMI MENGHIMBAU BAGI PETUGAS PENYELEKSI IMPASSING TERKAIT DALAM KEPANITIAANNYA AGAR LEBIH TELITI.KEPADA YANG TERHORMAT DARI KANWIL JAWA TENGAH KHUSUSNYA, MOHON KAMI DI DAERAH kABUPATEN PATI, PERLU ADANYA TEAM PENYELEKSI ULANG, MUDAH MUDAHAN BAHAN USULAN KAMI INI DAPAT DIPERHATIKAN. TERIMA KASIH.
    " YANG DAPAT DITERIMA IMPASSING GURU SWASTA DILIHAT DARI KELULUSAN SARJANA DIPLOMANYA YANG DIGUNAKAN MENGAJAR AKTIF DI INTANSI MASING MASING".
    DAN JANGAN SAMPAI GURU SWASTA YANG KELULUSANNYA DARI SMA/MA/STM YANG DI LULUSKAN IMPASSING.

    ReplyDelete
  24. TEUNGTEUINGEUN KEMENAG...MENI TEGA KA GURU MADRASAH SWASTA TEH...

    ReplyDelete
  25. saya kira kira sebagia besar para guru honor sudah bekerja dengan ikhlas selama ini makanya mereka tetap melaksanakan tugasnya ....Tinngal kita tanya sama Pemerintah , "Apakah pemerintah Ikhlas tidak ngurus kesejahteraan warganya (termasuk guru honor)...

    ReplyDelete
  26. selesaikan dulu permasalahn TPP, meninggalkan permasalahan dengan menyelesaikan masalah yang belum final malah tambah ruwet. saya yakin kalu permasalahan TPP aja beres untuk smua Guru swasta akan jadi pijakan selanjutnya untuk kebijakan yang lain.TPP banyak masalah, masuk inpassing.. kalau benar2 cair inpassing sedang meninggalkan permasalahan lain jelas ada kepentingan segelintir oknum.

    ReplyDelete
  27. Yg jelas semua guru yg tlh infasing menunggu kejelasan pembayaran dana trsb

    ReplyDelete