Home » » Tidur Baik Menurut Sunnah

Tidur Baik Menurut Sunnah

Tidur Menurut Sunnah.Tidur bagi seorang muslim adalah sesuatu hal yang berperanan penting.Dikatakan penting karena tidur baik ini bagi dirinya adalah sebagian dari waktu yang digunakannya untuk kembali memperoleh energi dan tenaga dalam rangka beribadah kepada Allah Ta'ala.Postingan mengenai tidur menurut sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ini diinspirasi dalam blog saudaraku Blog Keperawatan dalam salah satu postingannya yang membicarakan tentang tidur yang baik bagi kesehatan.

Tidur

Rasulullah shallalalahu 'alaihi wa sallam telah memberikan beberapa adab tidur menurut sunnah.Berikut adalah beberapa hal berkenaan dengan tidur baik menurut sunnah Rasulullah shallaallahu 'alaihi wa sallam :
  1. Sebelum kita beranjak tidur kita disunnahkan Rasulullah untuk berwudhu.Hal ini didasari akan sabda Beliau Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yaitu : "Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan shalat." (HR. Bukhari Muslim).
  2. Tidur dalam posisi bertumpu pada sisi badan sebelah kanan (yang menjadi tumpuan adalah rusuk kanan)."Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu."(Muttafaqun Alaihi) dan meletakkan tangan kanan dibawah pipi (tangan kanan digunakan sebagai bantalnya)."Rasulullah shallalahu 'alaihi wa sallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya." (HR Abu Dawud, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban).
  3. Tidak tidur berbaring dengan posisi tengkurap.
  4. Memulai tidur dengan berdzikir dan berdo'a.Tidur menurut sunnah dengan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas, kemudian ditiupkan pada telapak tangan. Setelah itu diusapkan ke anggota tubuh mulai dari kepala, wajah dan lainnya yang dapat dijangkau tangan, dan dilakukan sebanyak tiga kali.)(HR. Bukhari :6319).Membaca Ayat Kursi (HR. Bukhari :5010) dan dua ayat terakhir surat Al-Baqarah.
  5. Berdo'a dengan do'a tidur "بِسْمِكَ اللَّهُمَ أَمُوْتُ وَأَحْيَا" yang artinya "Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan hidup".
  6. Jika dalam tidurnya bermimpi yang baik, maka hal tersebut jangan diceritakan kecuali kepada orang yang senang bisa mendengarkannya.
  7. Jika dalam tidurnya bermimpi sebaliknya atau mimpi buruk, maka sunnahnya adalah dengan meludahlah kekiri tiga kali (dengan sedikit percikan) sambil membaca ta'awudz (berlindung kepada Allah Ta'ala) sebanyak 3 kali dan tidak menceritakan hal tersebut kepada orang lain.
  8. Dan mengakhiri tidur atau bangun tidur dengan berdoa : ”الحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ“ yang berarti : "Segala puji bagi Allah yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya. Dan kepada-Nya kami dibangkitkan".

Demikian tadi saudar-saudaraku mengenai tidur yang baik menurut sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.Setelah kita mengetahui beberapa sunnah dan adab tidur menurut sunnah ini maka marilah kita untuk dapat mempraktekkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.Dan semoga Allah memudahkan bagi kita semua aamiin.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment