Home » » Belajar Ikhlas

Belajar Ikhlas

Belajar Ikhlas.Ikhlas adalah salah satu hal bagian dari komponen agar segala amal ibdah kita terima Allah Ta'ala.Hal berikutnya adalah bahwa amalan ibadah kita sesuai dengan sunnah Rasulullah shalallallahu a'alaihi wa sallam.Dua hal tersebut harus beriringan dan sejalan dalam menjalankan ibadah.Belajar ikhlas adalah sesuatu hal yang tentunya bagi kita tidaklah mudah seperti halnya membalikkan telapak tangan.

Niat ikhlas didefinisikan sebagai hal yang berkaitan dengan batiniah diri kita masing-masing, sehingga dalam prakteknya ikhlas ini keadaan batin kita harus senantiasa bersih.Hal tersebut digambarkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dalam salah satu sabdanya yaitu :

"Sesungguhnya amal perbuatan itu tergantung niatnya." ( HR. Bukhari Muslim)
Yang selanjutnya adalah bahwa amalan ibadah kita sesuai dengan syariat Islam dan dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.Rasulullah bersabda :
"Barangsiapa yang mengerjakan suatu perbuatan yang tidak pernah kami diperintahkan, maka perbuatan itu ditolak." (HR. Muslim)
belajar ikhlas, ikhlas, Muhasabah

Sesungguhnya amal yang dilandasi keikhlasan tetapi tidak benar, tidak diterima oleh Allah Ta'ala. Sebaliknya, amal yang benar tetapi tidak dilandasi keikhlasan juga tidak diterima oleh Allah Ta'ala. Amal perbuatan itu baru bisa diterima Allah jika didasari keikhlasan dan dilaksanakan dengan benar. Yang dimaksud ikhlas adalah amal perbuatan yang dikerjakan semata-mata karena Allah, dan yang dimaksud "benar" adalah amal perbuatan itu sesuai dengan tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.( Fudhail bin Iyad ).

Jadi point pentingnya adalah bahwasannya niat yang ikhlas saja belum menjamin amal kita diterima oleh Allah Ta'ala jika dilakukan tidak sesuai dengan apa yang digariskan syariat. Begitu juga sebaliknya dengan perbuatan mulia, tidak diterima jika dilakukan dengan tujuan tidak mencari keridhaan Allah Ta'ala.

Beberapa cara dalam belajar ikhlas yang bisa coba kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari dan semoga pula kita dimudahkan Allah Ta'ala dalam belajar ikhlas tersebut aamin...aamiin.
  1. Keikhlasan bisa hadir ketika kita mengutamakan akan keridhaan Allah daripada keridhaan manusia. Karena seringkali baik disadari atau tidak kita melakukan sesuatu karena mengingginkn keridhaan orang tertentu ataupun golongan tertentu.Padahal yang wajib kita cari adalah keridhaan Allah Ta'ala.
  2. Ikhlas tatkala kita menyadari banyak kekurangan dalam diri kita.Orang yang ikhlas akan selalu merasa dirinya memiliki banyak kekurangan daripada kelebihannya. Ia merasa belum maksimal dalam menjalankan segala kewajiban yang dibebankan Allah Ta'ala. Karena itu ia tidak pernah merasa ujub dengan setiap kebaikan yang dikerjakannya. Sebaliknya, ia cemasi apa-apa yang dilakukannya tidak diterima Allah Ta'ala.
  3. Ikhlas bisa hadir tatkala ia lebih menyukai menyukai untuk menyembunyikan amal perbuatannya.Orang yang benar-benar tulus adalah orang yang tidak ingin amal perbuatannya diketahui orang lain. Ibarat pohon, mereka lebih senang menjadi akar yang tertutup tanah tapi menghidupi keseluruhan pohon. Ibarat rumah, mereka pondasi yang berkalang tanah namun menopang keseluruhan bangunan.
  4. Ikhlas ada tatkala kita bisa merasakan cinta dan marah karena Allah.Ikhlas saat kita bisa untuk menyatakan bahwasannya cinta dan benci, memberi atau menolak, ridha dan marah kepada seseorang atau sesuatu karena kecintaan kita kepada Allah dan keinginan membela agama-Nya, bukan untuk kepentingan diri kita sendiri.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment