Home » , » SEPUTAR BERDOA

SEPUTAR BERDOA


Berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala merupakan manifestasi keimanan dan penghambaan seorang abdi ( hamba ) terhadap Khaliknya (Allah).Dengan berdoa inilah seorang hamba akan menjadi dekat dengan Rabbnya karena doa merupakan sarana Taqarrub yang diperintahkan oleh Allah serta dicontohkan pula oleh Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam.
Diantara keutamaan doa yaitu seperti yang difirmankan Allah yaitu : " Berdoalah kepadaKu,niscaya akan Kuperkenankan bagimu...." 
( QS, Al-Mu'min : 40 ).

" Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku,maka (jawablah) bahwa Aku adalah dekat.Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu.Maka, hendaklah mereka memenuhi ( segala perintah )Ku dan hendaklah mereka selalu dalam kebenaran ". 
( QS. Al-Baqarah : 186 ). 

Dalam kesempatan lain Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : " Sesungguhnya Tuhanmu Maha Esa dan Maha Pemurah.Ketika seorang hamba mengangkat tangannya kepadaNya dalam berdoa, Dia merasa malu bila hamba itu menarik lagi tanggannya dengan hampa ."
( HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi ) 
Redaksi ini diambil dari Tirmidzi yang menilainya hasan.Hafizh Ibn Hajar menilai sanadnya baik.

Hal yang berkaitan dengan berdoa :

1. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : " Jika seseorang tidak memohon kepada Allah, Dia akan murka kepadanya ." 
(Shahih Al-Jami', No.2414 ).

Apakah doa dikabulkan atau tidak dikabulkan, seseorang harus terus berdoa.Sebaliknya, kita takut akan turunnya murka Allah.Selain itu, doa mendatangkan keridhaan Allah.Oleh karena itu, kita harus terus berdoa tanpa merasa lelah.

2. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : " Ibadah yang paling utama adalah berdoa ." 
( Sahih Al-Jami' , No.1133 ).

3. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : " Orang yang paling lemah adalah yang tidak mau berdoa, dan orang yang paling bakhil adalah yang tidak mau memberi salam." 
( Shahih Al-Jami' ,No 1055 ).

4. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : " Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah Yang Mahatinggi daripada doa ." 
( Shahih Al-Jami', No.5268 ).

5.Jika Anda ingin agar doa kita dikabulkan, berdoalah secara rutin dalam sholat anda dan dalam sholat-sholat sunnah.
 
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :"Jika seseorang menyatakan permusuhan kepada waliKu, maka Aku akan menyatakan perang terhadapnya.Sesuatu yang paling disukai yang dapat mendekatkan hambaKu kepadaKu adalah apa yang Aku perintahkan kepadanya.Namun hambaKu masih terus mendekat kepadaKu dengan sholat-sholat sunnah sehingga Aku mencintainya.Jika Aku telah mencintainya, maka Aku menjadi pendengarannya yang dengannya ia mendengar, menjadi penglihatannya yang dengannya ia melihatnya, menjadi tangannya yang dengannya ia berbuat, dan menjadi kakinya yang dengannya ia berjalan.Jika ia meminta kepadaKu, maka Aku akan memberinya.Jika ia mencari perlindunganKu, maka Aku akan melindunginya." 
( HR. Al - Bukhari ).

6. Hal yang terbaik bagi seseorang adalah berdoa dengan doa-doa yang terdapat dalam Al - Quran dan Sunnah dengan beberapa perubahan sepanjang mengikuti syarat-syarat dan adab-adab berdoa

7. Dianjurkan kepada seseorang agar bersyukur kepada Allah setelah doanya dikabulkan.

8. Aisyah ra berkata : " Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam lebih menyukai doa yang memiliki cakupan luas dan meninggalkan doa-doa yang terbatas ."
( HR.Abu Dawud ).

9. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : " Tak ada sesuatu pun yang menolak Qadha Allah kecuali doa,dan tidak ada sesuatu yang dapat menambah umur kecuali kesalihan ". 
(Shahih Al - Jami' , No 7564 )

10. Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam  bersabda : " Setiap nabi memiliki sebuah doa yang dikabulkan.Akan tetapi,aku ingin menyimpa doaku, Insya Allah untuk syafaat kepada umatku pada hari kiamat ."
( HR. Bukhari, Muslim ).


Ya Tuhanku,sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri.Karena itu,ampunilah aku.Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim,dan selamatkanlah kami dengan rahmatMu dari ( tipu daya ) orang-orang kafir.Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri ( kepadaMu ).
 

Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab jahanam dari kami,sesungguhnya azabnya adalah kebinasaan yang kekal.Ya Tuhan Kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan kami telah ikuti Rosul.Karena itu, masukkanlah kami kedalam golongan orang-orang yang menjadi saksi ( atas keesaan Allah ).Ya Tuhanku, terimalah tobatku, karena sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Pengampun.Aamiin...aamiin

Wallahu 'alam

Sumber : "Doa-Doa Warisan Para Aulia" Syaikh Hussain al-'Awaisyah



Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment