Home » » Ini Pidato Bahasa Inggris Jokowi Di Apec Yang Dipuji

Ini Pidato Bahasa Inggris Jokowi Di Apec Yang Dipuji

Isi pidato Presiden Jokowi di APEC CEO Summit 2014 di China National Convention Center pada hari senin 10 November 2014 yang dipuji Internasional dan kepala negara presiden yang mengikuti forum APEC tersebut.

Dan ini adalah merupakan pidato Jokowi untuk pertama kalinya di forum internasional sebagai Presiden Indonesia ke 7.

Hanya berbekal poin-poin berisi data, pidato jokowi dalam bahasa Inggris meluncur dari mulut Presiden Jokowi yang berdiri di hadapan para CEO forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC). Dia melafalkan isi otaknya tanpa naskah sebelumnya.

Ini Pidato Jokowi Di Apec Yang Dipuji
Sumber Gambar : kompas.com

Pidato Jokowi Di Forum Apec 2014


Berikut penuturan Amien Rais Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) yang memuji pidato bahasa inggris Presiden Jokowi seperti yang dikutip dan dilansir dari kompas.com Senin 11/11/2014.

Amien Rais memuji pidato Presiden Joko Widodo pada forum APEC CEO Summit di Beijing, Senin (10/11/2014). Meski mengaku tak melihat keseluruhan pidato Jokowi, Amien menilai, pidato yang disampaikan Jokowi cukup bagus.

"Saya tidak melihat semuanya, tetapi saya sempat beberapa menit melihat. Menurut saya cukup bagus," kata Amien, seusai acara deklarasi dan pengukuhan kepengurusan Koalisi Merah Putih DKI Jakarta, di Hotel Gran Melia, Jakarta.

Amien berharap, apa yang disampaikan oleh Jokowi bisa segera direalisasikan. Terlebih lagi, pidato Jokowi mendapatkan sambutan positif dari para delegasi dan pemimpin negara yang yang hadir pada Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Beijing, China.

Dalam pidato di hadapan 1500 CEO perusahaan ternama dunia, Presiden Jokowi menggunakan bahasa Inggris, yang meski agak terbata-bata, tetapi lancar. Jokowi dinilai piawai menyampaikan pokok-pokok pikirannya, tanpa menggunakan catatan.

Jokowi menawarkan peluang investasi pembangunan infrastruktur yang terkait konektivitas di Tanah Air, di sektor maritim, transportasi massal, dan sumber daya listrik.

Video Pidato presiden Jokowi yang ada di youtube dan juga presiden baru Indonesia di ajang internasional ini pun dinilai sukses dan mendapat banyak pujian internasional.

Isi Pidato Bahasa Inggris Presiden Jokowi Di KTT Apec


Berikut informasi pemberitaan yang dikutip dilansir dari tribunnews.com terkait dengan pemberitaan yang berjudul Pidato Jokowi di KTT APEC Brilian Tanpa Basa-basi

Dalam forum itu, Jokowi tidak berpidato dengan teks, tetapi menyampaikan presentasi dalam bahasa Inggris dan memanfaatkan slide layar lebar.

Di situ, ia menampilkan grafis peta Indonesia serta data statistik sebagai penunjang. Itu paparan perdana Jokowi di forum internasional sebagai Presiden.

Pidato Bahasa Inggris Jokowi Di Forum Apec 2014

Mengawali presentasinya, Jokowi memberikan gambaran tentang Indonesia yang memiliki 17.000 pulau dengan populasi penduduk sekitar 240 juta jiwa.

Selanjutnya, ia menjelaskan agenda pembangunan di Indonesia ke depan yang fokus pada konektivitas maritim, pembangunan 24 pelabuhan dan transportasi massal kereta api, serta pembangkit listrik 35.000 MW.

Jokowi menggambarkan bagaimana konektivitas antarpulau belum terbangun dengan baik sehingga ada kesenjangan harga komoditas barang di antara pulau satu dan yang lain. Ia mencontohkan harga semen di Papua yang bisa mencapai 25 kali lipat harga di Pulau Jawa.

Selain memaparkan peluang yang ada, Jokowi jujur mengungkapkan adanya sejumlah masalah yang menghambat pembangunan di Indonesia, mulai dari birokrasi perizinan, pembebasan lahan, hingga ketersediaan listrik.

Namun, ia juga berusaha meyakinkan kalangan usaha di Asia Pasifik, persoalan-persoalan itu akan menjadi fokus pembenahan dari pemerintahannya.

Mengakhiri presentasinya, Jokowi mengundang kalangan usaha di forum APEC untuk berinvestasi dalam pembangunan di Indonesia. ”Kami menantikan Anda untuk datang ke Indonesia dan berinvestasi di Indonesia.

Hadir mendampingi presiden yakni beberapa Menteri Kabinet Kerja Jokowi diantaranya adalah Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjadjanto, serta Wakil Ketua DPD GKR Hemas.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru Info Sharing