Home » » Profil Joko Widodo Presiden Indonesia Ke 7

Profil Joko Widodo Presiden Indonesia Ke 7

Profil biodata karir politik Jokowi Joko Widodo Presiden RI ke 7 yang resmi dilantik dalam sidang paripurna MPR 20 Oktober 2014 ini adalah merupakan hal yang juga sedikit banyak perlu untuk diketahui oleh kita semuanya sebagai rakyat yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi Wakil Presiden Jusuf Kalla masa jabatan 2014-2019 ini.

Joko Widodo, yang akrab dipanggil Jokowi, resmi dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia, Senin (20/10/2014). Jokowi menggantikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang telah menjadi presiden RI selama dua periode.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia Jokowi JK periode 2014-2019 dalam sidang paripurna hari Senin (20/10/14) benar-benar memberikan sebuah pembelajaran berharga bagi kehidupan berpolitik di Indonesia.

Suhu politik yang sempat memanas dalam pilpres 2014 maupun dalam sidang paripurna pemilihan pimpinan DPR dan MPR hilang dan sirna seiring dengan hadirnya suasana yang penuh keakraban dan kebesaran jiwa dari para politikus dan pemimpin bangsa ini.

Profil Joko Widodo Jokowi Presiden Indonesia Ke 7

Profil Presiden Jokowi


Sejarah Perjalanan Hidup Jokowi dan karir politik yang dimulai semenjak pertama kali menjabat Walikota Solo pada 2005. Dan menjabat sebagai walikota solo selama dua periode yaitu periode tahun 2015 dan tahun 2010.

Dalam biografi Joko Widodo disebutkan jika beliau lahir pada tanggal 21 Juni 1961 di kota Solo. Beliau berasal dari keluarga yang cukup sederhana. Akan tetapi dengan kerja keras, membuat beliau kini bisa mejadi sukses bahkan Jokowi menjadi orang No 1 di Indonesia (RI 1).

Berikut informasi lengkap update profil sosok Joko Widodo Presiden RI ke 7 Seperti dikutip dilansir dari wikipedia antara lain :
  • Ir. H. Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961; umur 53 tahun) adalah Presiden Indonesia ke-7 yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
  • Beliau terpilih bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden 2014.
  • Jokowi pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 15 Oktober 2012 hingga 16 Oktober 2014 didampingi Basuki Tjahaja Purnama.
  • sebagai wakil gubernur dan Wali Kota Surakarta (Solo) sejak 28 Juli 2005 sampai 1 Oktober 2012 didampingi F.X. Hadi Rudyatmo sebagai wakil wali kota.
  • Dua tahun sementara menjalani periode keduanya di Solo, Jokowi ditunjuk oleh partainya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk memasuki pemilihan Gubernur DKI Jakarta bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama.
Putra dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomiharjo merupakan pribadi mandiri semasa kecil. Ia juga sempat memperoleh gelar perguruan tingginya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada, Jogjakarta tahun 1985.

Profil Presiden Indonesia Ke 7 Jokowi

Kini Jokowi telah dikaruniai tiga orang anak dari hasil pernikahannya dengan istrinya H. Iriana. Nama Anak Joko Widodo adalah sebagai berikut :
  1. Gibran Rakabuming Raka.
  2. Kahiyang Ayu.
  3. Kaesang Pangarep.
Sebelum terjun ke dunia politik Jokowi tercatat pernah bekerja di CV. Roda Jati yang merupakan perusahaan di bidang perkayuan. Pada tahun 1998 Jokowi pun memutuskan untuk berusaha secara mandiri di bidang permebelan.

Latar Belakang Pendidikan Joko Widodo yaitu dimulai dari :
  • SMP Negeri 1 Surakarta.
  • SMA Negeri 6 Surakarta.
  • Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada.
Semasa kuliah Jokowi juga aktif dalam berbagai organisasi kampus sebagai aktivis mahasiswa di Universitas Gajah Mada (UGM).

Karir Politik Jokowi


Karier politik Presiden Indonesia Ke 7 Joko Widodo ini dimulai dengan menjadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005. Namanya mulai dikenal setelah dianggap berhasil mengubah wajah kota Surakarta menjadi kota pariwisata, budaya, dan batik.

Pada tanggal 20 September 2012, Jokowi berhasil memenangkan Pilkada Jakarta 2012, dan kemenangannya dianggap mencerminkan dukungan populer untuk seorang pemimpin yang "baru dan bersih", meskipun umurnya sudah lebih dari lima puluh tahun.

Walikota Solo

Pada tahun 2005 Jokowi mengawali karir politiknya dengan bergabung dalam partai politik PDI Perjuangan. Sebagai Wali Kota Solo, Jokowi telah banyak menorehkan prestasi guna memajukan kota kelahirannya.

Hal ini terbukti dari upaya re-branding kota Solo sebagai Spirit of Java yang dilakukan oleh Jokowi, hingga Surakarta menjadi anggota Organisasi Kota-Kota Warisan Dunia pada tahun 2006. Sebagai tindak lanjut, pada Okbober tahun 2008 Kota Solo menjadi tuan rumah konferensi organisasi tersebut.

Pada tahun 2007 Solo juga telah menjadi tuan rumah Festival Musik Dunia (FMD) selama dua tahun berturut-turut, yaitu tahun 2007 dan 2008. Nama Jokowi semakin dikenal publik ketika mendukung dan memperkenalkan mobil Esemka.

Joko Widodo Gubernur DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta

Pada PILGUB DKI Jakarta tahun 2012, Jokowi bersama pasangannya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mantan bupati Kabupaten Belitung Timur mencalonkan diri sebagai Gubernur.

Jokowi sebagai kader partai PDI Perjuangan dan Ahok yang berasal dari partai Gerindra memiliki konsep yang unik dalam kampanye mereka, yakni dengan mengusung tema baju kotak-kotak.

Dalam Pemilihan Gubernur putaran kedua Lembaga Survei Indonesia mencatat perolehan suara Jowoki-Ahok sebesar 53,81%. Perolehan suara ini kemudian mengantarkan Jowoki-Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta dan secara resmi dilantik pada 29 September 2012.

Presiden Indonesia Ke 7 Periode 2014-2019

Setelah dicalonkan oleh Megawati selaku Ketua Umum PDI Perjuangan untuk maju pada Pilpres Tahun 2014 akhirnya Joko Widodo memenangi pemilu tahun 2014 dan resmi menjadi Presiden RI ke 7 Setelah masa kepemimpinan Presiden SBY berakhir di tahun 2014 ini.

Berikut ini nama-nama presiden Indonesia yaitu :
  • Soekarno - Presiden RI Pertama
  • Soeharto - Presiden RI ke-2
  • BJ. Habibie - Presiden RI ke-3
  • Abdurrahman Wahid - Presiden RI ke-4
  • Megawati Soekarnoputri - Presiden RI ke-5
  • Susilo Bambang Yudhoyono - Presiden RI ke-6

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru Info Sharing