Ad

Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1434 H

Ad

Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1434 H - Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1434 H Peristiwa hijriyahnya Nabi dari Makkah menuju Madinah yang masuk dalam tinta sejarah islam yang hingga kini diperingati sebagai tahun baru Islam. Dan pada 1 Muharram nanti akan memasuki tahun yang ke-1434 Hijriyah. Di Indonesia, 1 Muharram termasuk hari besar Islam yang diakui pemerintah. Sehingga pada hari itu, kegiatan resmi pemerintahan diliburkan.

Sebagai umat Islam, dalam menyambut Tahun Baru Islam, kita harus merefleksikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam perjalanan hijrah nabi secara kontekstual, yakni hijrah dari nilai-nilai yang buruk menuju penciptaan nilai yang lebih baik.

Tahun hijriyah ini sepatutnya umat Islam baik secara personal maupun kolektif , menjadikan hijrah sebagai momentum memasuki tahun baru untuk melakukan perbaikan dalam kehidupan sosial menuju perbaikan sistem demi kebaikan dan kemaslahatan umat yang lebih luas, merubah sistem yang tiranik, fasad dan menindas.

Tahun Baru 1 Muharram 1434 H

Sepertinya tidak terasa peringatan dan memperingati perayaan tahun baru Islam yaitu 1434 H. Perjalanan panjang Agama Islam telah meninggalkan berbagai peristiwa yang mungkin sudah tercatat dalam sejarah Islam, Namun hal itu adalah awal untuk membuat agama Islam untuk terus berkembang. Belakangan ini agama menjadi sebuah kronologi hidup yang harus tumbuh dalam jiwa setiap insan agar mereka mengetahui tujuan hidup. Dengan bermodal sebuah keyakinan maka secara berangsur akan menjadi sebuah keimanan yang nantinya akan menjadi penerang bagi manusia yang beriman.

Masyarakat kita khususnya masyarakat jawa mengenal 1 muharram ini dengan sebutan 1 suro bahkan berbagai kegiatan ritual budaya kepercayaan dengan sebutan malam 1 suro telah mengakar dalam masyarakat kita. Bagi saudara-saudara bisa mencari mengenai ritual malam 1 suro dengan berbagai kegiatan yang sebenarnya dalam agama tidak ada tuntunannya ini di pencarian google.

Tahun baru hijriyah diperingati dengan maksud agar umat Islam mampu mengambil i’tibar atau pelajaran dari peristiwa tersebut. Baik i’tibar secara tekstual maupun secara kontekstual atau maknawi. Secara tekstual, peristiwa sejarah hijriyah mengandung makna bahwa umat Islam bisa melakukan perjalanan fisik dari satu daerah ke daerah lain. Hijriyah fisik menjadi pilihan manakala di tempat lama umat Islam kesulitan mengembangkan inovasi, kreasi dan membangun peradabannya.

Tahun hijriyah yang merupakan tahun baru bagi umat Islam kembali hadir. Tahun baru hijriyah kali ini jatuh pada hari Ahad, 1 Muharram 1434 H, yang bertepatan dengan 15 November 2012. Dan banyak pula hikmah dari sejarah peristiwa hijrahnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dari Mekah menuju ke kota Madinah ini.

Kalender hijriyah dimulai dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhamad dari Makkah menuju Madinah. Perjalanan hijriyah menjadi pilihan karena di tempat yang lama (Makkah), sudah tidak kondusif lagi untuk membangun peradaban yang yang lebih maju. Madinah menjadi pilihan karena mayoritasnya masyarakatnya menghendaki bagi berkembangnya peradaban modern

Selamat tahun baru 1 muharram 1434 hijriah dan semoga dengan tahun baru 1 muharram 1433 H ini kita akan semakin meningkat kebaikan dan juga amalan ibadahnya dan akan menjadi lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Dan semoga pula tahun baru ini akan memberikan banyak kebaikan kepada saudaraku perawat yang sedang menerima cobaan dari Allah dan semoga segera diberikan kesembuhan untuk sang Ayah tercinta.



Artikel Menarik Lainnya :

Di Publish Di Muhasabah

"Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1434 H"

Post a Comment