Home » » Melatih Anak Berpuasa

Melatih Anak Berpuasa

Mendidik anak sejak kecil untuk berlatih puasa adalah merupakan hal yang tepat sekali ketika kita para orang tua sedang menjalani puasa ramadhan tahun 1434 H tahun 2013 ini. Tantangan bagi para orang tua adalah ketika sedang mengajarkan anak puasa pertama kali kepada sang anak. Karena buah hati akan mengalami masa-masa adaptasi penyesuaian tubuh dirinya terhadap puasa itu sendiri, Untuk itulah pentingnya akan mengetahui bagaimana cara tips melatih mengajarkan anak puasa sejak dini kepada buah hati kita masing-masing.

Shaum di bulan Ramadhan bagi anak-anak belum baligh bukanlah suatu kewajiban. Ulama salaf, seperti Ibnu Sirin dan Az-Zuhri memandangnya sebagai suatu sunnah. Imam Syafi'i berpendapat, anak-anak - bila orang tua mereka telah memandang memiliki kondisi dan kemampuan yang memadai telah dimiliki oleh anak-anak kita. Perlu dan penting sejak dini anak diperintahkan melaksanakan shaum, tetapi bukan sebagai kewajiban syar'i bagi anak melainkan sebagai pelajaran bagi dirinya dalam menjalankan suatu syariat agama Islam ini.

Tips Cara Melatih Anak Berpuasa

Melatih anak-anak berpuasa ramadhan memang bukan perkara yang mudah, akan tetapi bila anak sudah terbiasa sejak dini mengenal akan pentingnya dan manfat puasa itu bagi kesehatan, terlebih bagi kebaikan dunia akheratnya maka hal ini Insya Allah akan memberikan semangat para orang tua untuk bisa memberikan pelajaran serta melatih anak untuk menjalankan puasa itu sendiri semenjak dini.

Ada beberapa kiat tips melatih mengajarkan anak puasa yaitu :

Melatih Dan Mengajarkan Niat Puasa.
Niat adalah bagian penting dari sebuah amalan ibadah kita termasuk di dalamnya adalah amalan ibadah puasa Ramadhan ini. Maka ketika anak sudah berniat untuk belajar menjalankan ibadah puasa ramadhan selama 30 hari maka anak perlu untuk mengetahui akan niat berpuasa itu sendiri.

Menjelaskan Akan Hikmah Keutamaan Bulan Ramadhan.
Begitu banyak hikmah dan keutamaan bulan suci ramadan ini termasuk berpuasa di bulan Ramadan. Maka penting bagi sang anak untuk mengetahui akan hikmah berpuasa Ramadhan bagi anak-anak. Tentunya yang harus diingat juga metode dalam memberikan pengetahuan akan hal ini. Sesuaikan dengan tingkat pengetahuan dan pemahaman anak terhadap manfaat puasa dan mengapa puasa disyariatkan kepada kita sebagai Umat Islam dan umat Rasulullah Muhammad SAW juga. Dan juga mengenai akan rukun syarat puasa pula.

Berpuasa Dengan Bertahap.
Ketika anak sedang berlatih berpuasa, maka menjalankan puasa secara bertahap adalah salah satu tips keberhasilan dalam melatih anak puasa Ramadhan ini. Bertahap ini maksudnya adalah waktu berpuasanya sedikit demi sedikit ditingkatkan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing anak. Bisa untuk pertama kali anak berpuasa sejak sahur sampai pukul 10 pagi dan pada hari-hari berikutnya secara pelan-pelan dan pasti meningkat sampai pada akhirnya anak bisa berpuasa ramadhan seharian penuh.

Penuhi Kebutuhan Gizi Anak Ketika Berpuasa.
Jangan melupakan pula akan asupan gizi nutrisi ketika anak sedang dalam masa-masa berlatih berpuasa. Karena dengan asupan yang baik dilihat dari segi nutrisi akan sangat mendukung keberhasilan sang anak dalam berlatih menjalankan puasa ramadhan ini sejak kecil.

Memberikan Semangat Dan Motivasi.
Hal ini juga tidak boleh dianggap sepele oleh para orang tua. Karena anak juga dalam dunia psikologi masih sangat membutuhkan dukungan positif dari keluarga dan lingkungan yang baik. Bila anak diberikan semangat serta motivasi yang bagus dari orang tua dan juga keluarganya akan menjadi kunci keberhasilan seorang anak dalam berpuasa.

Demikian beberapa hal yang berhubungan dengan cara melatih anak berpuasa sejak kecil, sehingga nantinya bila anak telah mencapai usia baligh dan diwajibkan menjalankan puasa Ramadhan tidak akan mengalami kesulitan karena telah diajarkan dan dilatih semenjak kecilnya.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment