Home » » Puasa Ibu Hamil

Puasa Ibu Hamil

Menjalankan puasa Ramadhan bagi ibu hamil adalah tetap diperbolehkan selama hal tersebut tidak mengganggu kesehatan ibu hamil dan juga janinnya sendiri. Dan dalam keadaan hamil, maka sang ibu tetap harus memenuhi asupan yang sehat selama hamil, terlebih saat menjalankan ibadah puasa. Karena memang panduan tips ibu hamil berpuasa perlu untuk diketahui bersama.

Hamil muda seringkali menjadi penghalang ibu untuk berpuasa. Umumnya ada asumsi bahwa janin masih sangat muda dan lemah. Jika sahabat sedang dalam keadaan hamil muda dan mengalami mual, pusing atau susah makan selama hamil, maka keinginan untuk berpuasa sebaiknya memang dipertimbangkan lagi. Alasannya, supaya kondisi tubuh ibu yang lemah tidak semakin lemah karena berpuasa.

Salah satunya manfaat puasa bagi ibu hamil adalah membantu pembakaran lemak yang tidak dibutuhkan tubuh,” kata Febriansyah Darus, dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari Kemang Medical Care, dalam talkshow "Love Your Pregnancy", persembahan dari Sari Husada, Kamis (13/7/2012), di Jakarta.

Manfaat puasa bagi kesehatan salah satunya adalah dapat mencegah penyakit yang timbul karena pola makan yang berlebihan. Demikian pula bagi ibu hamil yang menjalankan puasa ramadhan. Makanan yang berlebihan gizi belum tentu baik untuk kesehatan, karena overnutrisi dapat mengakibatkan kegemukan yang dapat menimbulkan penyakit degeneratif, seperti kolesterol dan trigliserida tinggi, jantung koroner, kencing manis, dan lain-lain. Untuk itu diperlukan tips ibu hamil sehat berpuasa pula.

Selain hal tersebut bagi yang sedang menjalani masa kehamilan dalam bulan Ramadhan ini juga diperbolehkan untuk tetap menjalankan kewajibannya puasa Ramadhan selama puasanya tersebut tidak memberikan ancaman kesehatan baik bagi sang ibu maupun sang janin. Tentunya hal tersebut boleh dilakukan bila dalam keadaan-keadaan tertentu atau resiko tinggi kehamilan. Bila dalam keadaan sehat, maka ibu hamil pun tetap dikenai kewajiban puasa Ramadhan ini. Karena banyak manfaat keutamaan puasa itu sendiri.

Puasa Ibu Hamil

Berpuasa pada saat hamil sebenarnya tidak mengganggu pertumbuhan janin. Sepanjang menu sahur dan menu berbuka diatur baik-baik, bayi mampu menyesuaikan diri dengan perubahan pola makan ibu. Sekali lagi secara syariat Islam ibu hamil dan menyusui termasuk kelompok yang diperbolehkan meninggalkan puasa pada bulan Ramadhan, namun diperbolehkan meninggalkan puasa bukan berarti dilarang melaksanakan. Untuk itulah pentingnya mengenai puasa bagi ibu hamil itu sendiri.

Berikut beberapa tips cara Puasa Sehat Bagi Ibu Hamil yaitu :
  1. Pada waktu ibu hamil berbuka maupun makan sahur, maka pastikan agar ibu hamil memperoleh banyak protein dari makanan serta sayuran yang dikonsumsinya. Karena kebutuhan protein ini penting bagi pertumbuhan janin yang dalam kandungan ibu hamil. Dan ini salah satu bagian dari puasa sehat untuk ibu hamil.
  2. Hindari bagi ibu hamil saat berbuka dengan banyak meminum minuman yang terlalu manis yang bisa dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat, tetapi bisa dengan berbuka puasa dengan kurma seperti yang disunnahkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
  3. Pada saat makan sahur, pilihlah makanan yang lama dicerna seperti karbohidrat kompleks dan sayuran agar tidak mudah lapar. Hindari makanan kaleng, makanan yang banyak mengandung akan zat pengawet, tinggi lemak, tinggi kadar garam, dan tinggi kadar gula contohnya adalah makanan cepat saji.
  4. Konsumsi vitamin bagi ibu hamil dan suplemen bagi ibu menyusui. Vitamin yang diberikan ke ibu hamil disesuaikan dengan perkembangan janin sehingga insyaAllah tidak akan mubazir. Sedangkan mengkonsumsi suplemen bagi ibu menyusui kegunaannya adalah membantu menjaga energi tubuh yang nantinya digunakan untuk mengasuh si kecil yang mulai aktif. Tetapi, suplemen ini sifatnya tidak harus selalu dikonsumsi. Saya biasanya mengkonsumsi ketika saya merasa butuh tambahan energi untuk hari saya dengan jadwal padat dan saya mengkonsumsinya ketika sahur. Ingat, anda bisa lho mengukur kebutuhan gizi tubuh anda. Bagi saya, konsumsi suplemen bisa tidak dilakukan jika saya sudah merasa asupan gizi saya cukup.
  5. Olah raga. Tetaplah menjalankan rutinitas anda berolah raga. Hanya saja, jangan terlalu berat sehingga membuat anda mudah haus. Ketika berpuasa, saya tetap berolahraga dua kali seminggu, yaitu mengikuti senam yang diadakan ibu-ibu di perumahan saya. Itupun hanya setengah jam untuk sekali senam. Ketika saya hamil dulu, sebelum buka puasa saya usahakan untuk berjalan kaki keliling kompleks perumahan sambil mencari cemilan utnuk buka puasa.
Demikian tadi beberapa hal yang berkaitan dengan puasa Ramadhan bagi ibu hamil dan semoga bisa memberikan manfaat.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment