Home » » Tes CPNS 2013 Dengan Sistem CAT

Tes CPNS 2013 Dengan Sistem CAT

Ujian CPNS 2013 akan menggunakan sistem computer assisted tes (CAT). Karena memang menurut rencana setelah lebaran 2013 nantinya proses pendaftaran cpns 2013 akan segera bisa dimulai. Dan tentunya proses seleksi penerimaan CPNS tahun 2013 ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini proses seleksinya akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Untuk proses rekruitmen, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah menggandeng Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Informasi terbaru mengenai Nilai Ambang Batas Passing Grade CPNS tahun 2013 ini telah resmi diumumkan oleh Pemerintah pada hari ini Selasa 5 November tahun 2013. Silakan rekan-rekan semuanya membacanya di link tautan artikel terbaru mengenai hal ini di informasi berikut ini : Passing Grade Tes CPNS Dengan LJK dan CAT Tahun 2013.

Sebagaimana disesuaikan dengan Inpres No. 1/2013, dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) dan juga bersama-sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah agar mengembangkan sistem Seleksi CPNS dengan menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk 18 instansi pemerintah formasi Tahun Anggaran 2013.

Sedangkan untuk instansi lainnya baru akan diberlakukan penuh pada tahun anggaran 2014. Karena ini adalah merupakan kebijaksanaan baru dalam pelaksanaan tes CPNS 2013 dengan CAT yang mulai diadakan pada tahun ini.

Computer Assisted Test (CAT)
Menurut BKN (Badan Kepegawaian Negara), yang dimaksud dengan pengertian Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Standar kompetensi dasar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme PNS (Pegawai Negeri Sipil), dan CAT dipercaya bisa menjamin standar kompetensi dasar CPNS dalam TKD (Tes Kompetensi Dasar).

Tes CPNS 2013 Dengan Sistem CAT

Adapun materi tes terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Sedangkan kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Dan inilah yang masuk dalam kisi-kisi tes cpns 2013 tersebut.

Pelaksanaan tes ujian cpns akan diadakan secara regional. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian cpns pusat akan dibagi dari tiap kementrian maupun lembaga negara yang mengadakan seleksi penerimaan cpns di lembaganya maupun di kementriannya.

Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Tes ini terdiri dari 3 bagian yaitu :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
Dalam pelaksaan ujian cpns tes memiliki point untuk penilaian passing grade dengan skor atau point minimal adalah 10. Yakni minimal 20 jawaban yang benar dari 50 soal yang ditanyakan agar bisa berlanjut ke proses langkah selanjutnya.
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan :
  1. Pancasila.
  2. Bhinneka Tunggal Ika.
  3. UUD 1945.
  4. Tata Negara.
  5. Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah.
  6. Sejarah Indonesia.
  7. Bahasa Indonesia.
  8. Bahasa Inggris.
  9. Pengetahuan dan Wawasan Umum.
2. Tes Intelegensi Umum (TIU)
Pada bagian tes ini memiliki point untuk penilaian passing grade dengan skor atau point minimalnya adalah 15 yakni minimal 30 jawaban yang benar dari 50 soal yang ditanyakan agar dapat melangkah ke proses selanjutnya.
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan :
  1. Kemampuan verbal, yang terdiri atas : Tes Sinonim (persamaan kata); Tes Antonim (lawan kata): Tes Padanan hubungan kata; dan Tes Pengelompokan kata.
  2. Kemampuan numerik yang terdiri atas : Tes aritmetik (hitungan) : Tes Seri angka, Tes Seri huruf, Tes Logika Angka, dan Tes Angka dalam cerita.
  3. Kemampuan berpikir logis dan analisis Tes Logika Umum yang terdiri dari bagian : Tes Analisa Pernyataan, Tes Kesimpulan Silogisme, dan Tes logika Cerita.
3. Tes Karakter Pribadi (TKP).
Tes ini menjadi bidang yang paling besar pengaruh nilai poinnya untuk penilaian passing grade dengan skor/ point minimalnya adalah 30 yakni minimal 60 jawaban yang benar dari 100 soal yang ditanyakan (nilai satu jawaban yang benar adalah skor 0,5) agar dapat melangkah ke proses selanjutnya.
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan :
  1. Tes Integritas diri.
  2. Tes Semangat berprestasi.
  3. Tes Kreatifitas dan inovasi.
  4. Tes Orientasi pada pelayanan.
  5. Tes Orientasi kepada orang lain.
  6. Tes Kemampuan beradaptasi.
  7. Tes Kemampuan mengendalikan diri.
  8. Tes Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.
  9. Tes Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.
  10. Tes Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
  11. Tes Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment