Teladan Orang Tua Untuk Anak

Dalam sebuah kehidupan rumah tangga, peran orang tua dalam memberikan teladan baik untuk anak patut menjadi perhatian yang lebih agar dalam menjalankan proses pertumbuhan dan perkembangan sang anak dapat berjalan dengan baik juga. Karena dalam memberikan contoh teladan yang baik dari para orang tua kepada anak-anaknya adalah merupakan salah satu dari sekian banyak tanggung jawab orang tua pada sang anak.

Sebagai orang tua yang selalu menginginkan kebaikan pada anak-anaknya, maka hal ini harus dimulai dengan memperbaiki diri sendiri duu bagi para orang tua sendiri. Sehingga nantinya orang tua bisa memberikan contoh yang baik bagi buah hatinya. Teladan baik kepada anak yang harus dimulai dari perilaku orang tua dalam lingkungan rumah tangganya.

Kita harus berbuat baik kepada anak-anak kita maka anak-anak kita juga nantinya akan bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua yaitu diri kita. Bila kita tak bisa berbuat baik kepada orang tua kita maka kita akan dapatkan anak-anak kita juga tak akan berbuat baik kepada kita. Kita berlindung kepada Allah atas hal ini. Untuk itulah kita memerlukan keteladanan orang tua yang baik untuk anak.

Teladan baik Orang Tua Untuk Anak

Dalam memberikan keteladanan serta contoh baik kepada anak kita sebagai Umat Islam tentunya harus mencontoh sunnah Rasulullah SAW. Karena beliau adalah teladan yang paling baik dalam menjalani kehidupan dunia maupun kehidupan di akherat kelak. Contoh akhlak yang baik beliau harusnya dicontoh oleh orang tua dalam rangka memberikan pendidikan akhlak kepada anak-anak.

Dalam sebuah teori belajar sosial dikatakan bahwa anak dalam masa balita sudah mulai menitu-niru apa yang dilakukan orang tua dalam kehidupannya sehari-hari. Inilah yang kita sebut dengan bahasa social lerning. Belajar dalam tahap anak ini salah satunya adalah dengan meniru apa yang dilihat dan didengar setiap hari dalam sebuah kehidupan rumah tangga. Demikian yang dimaksud teladan baik kepada anak pada proses permulaan yang semuanya di mulai dari proses meniru orang tua.

Beberapa teladan orang tua untuk anak yang baik dapat dimulai dengan melakukan kegiatan sehari-hari yang mencerminkan tingkah laku yang baik dan juga teladan baik orang tua pada anaknya yaitu :
  • Membiasakan mengekspresikan kasih sayang kepada anak. Ekspresi kasih sayang orang tua kepada anak bisa diwujudkan dengan memberikan pelukan atau pun sentuhan yang hangat. Ini akan mengajarkan kepada anak bahwasannya dalam kehidupan rumah tangga diperlukan kasih sayang yang tulus serta ikhlas bagi seluruh anggota keluarga.
  • Melatih memberikan salam dan menjawab salam. Hal ini akan kita bisa kita lakukan ketika orang tua atau pun anggota keluarga lainnya akan pergi atau pun kembali dari suatu tempat ke dalam rumah yang ditinggali. Selain hal tersebut merupakan contoh baik pada anak maka perlu ditambah pula dengan memberikan jabatan tangan ketika bertemu. Contoh memberikan salam dan menjawab salam dengan disertai berjabatan tangan ini akan mudah ditiru oleh anak manakala orang tuanya melakukannya setiap hari.
  • Mengajarkan dan membiasakan anak berdoa sebelum beraktifitas. Teladan baik Rasulullah SAW ini juga banyak terdapat dalam hadist-hadist yang shohih. Orang tua harus bisa mencontohkan sebelum menjalankan aktifitas apapun selalu dimulai dengan membaca doa. Minimal adalah dengan membaca basmalah. Karena banyak keutamaan bacaan basmalah ini dalam kehidupan sehari-hati kita.
Dan pada akhirnya teladan yang paling baik adalah diri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam baik teladan untuk keluarga, untuk sahabat, untuk tetangga dan juga teladan baik untuk masyarakat. Allah Ta’ala berfirman yang artinya : "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah" (QS al-Ahzaab : 21).


Kumpulan Soal-Soal TES CPNS 2014 dan Kunci Jawabannya
Blog, Updated at: Saturday, March 23, 2013

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2010 ~ 2014 Sharing Informasi. All Rights Reserved. New Johny Wuss Template by CB Blogger - Original Theme by Mastemplate