Ad

Contoh Teladan Yang Baik

Ad

Sebagai kepala keluarga (ayah) ataupun seorang Ibu memberikan contoh yang baik kepada keluarga dan anak-anaknya adalah juga merupakan salah satu dari beraneka ragam kewajiban orang tua. Memberikan contoh yang baik dalam agama Islam juga dianjurkan dan dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bagaimana Rasulullah berbuat baik kepada keluarga dan sanak saudaranya serta pula kepada sahabat-sahabat beliau.

Sebagai orang tua yang selalu menginginkan kebaikan pada anak-anaknya, maka hal ini harus dimulai dengan memperbaiki diri sendiri dulu sehingga nantinya orang tua bisa memberikan contoh yang baik pula bagi anak-anaknya. Oleh karena itu sudah seharusnya bagi orang-orang yang menginginkan memiliki anak keturunan yang baik untuk memulai dengan memperbaiki dirinya sehingga bisa menjadi contoh yang baik bagi mereka. Karena hal ini termasuk dalam hal tanggung jawab orangtua.

Contoh baik seorang ayah, contoh baik bagi keluarga

Contoh baik seorang ayah kepada anaknya adalah hal terpenting terutama dalam pendidikan akhlak seorang anak. Contoh baik seorang ibu juga penting untuk pendidikan moral sang anak. Untuk itulah kita harus bisa menjadi contoh teladan baik bagi keluarga kita sendiri. Karena hal ini akan berpengaruh kepada tahap perkembangan anak kita pula.

Karena bagaimana mungkin seseorang akan mendapatkan anak keturunannya menjadi orang-orang yang benar dalam hal akidah, sementara orangtuanya adalah orang-orang yang masih percaya dengan para dukun dan meminta pertolongan dengan beribadah kepada jin serta perbuatan syirik lainnya baik itu disadari atau pun tidak disadari.

Lalu akan mucul pertanyaan seperti ini bagaimana pula seseorang mengharapkan anak keturunannya menjadi orang-orang yang baik agamanya, sementara orangtuanya adalah orang-orang yang tidak mau pergi ke masjid untuk shalat berjamaah?

Bagaimana pula seseorang menginginkan para pemuda untuk menjadi orang-orang yang berakhlak mulia sementara mereka dididik dengan acara-acara sinetron dan tayangan-tayangan lainnya di depan televisi? Hal ini pula yang perlu diri kita mengoreksinya.

Kita harus berbuat baik kepada anak-anak kita maka anak-anak kita juga nantinya akan bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua yaitu diri kita. Bila kita tak bisa berbuat baik kepada orang tua kita maka kita akan dapatkan anak-anak kita juga tak akan berbuat baik kepada kita. Kita berlindung kepada Allah atas hal ini.

Contoh teladan kebaikan yang utama bagi keluarga kita adalah diri kita sendiri, karena tentu saja kita adalah orang yang paling dekat dengan mereka dan paling mudah mempengaruhi akhlak dan tingkah laku mereka. Maka menampilkan teladan yang baik bagi keluarga dalam sikap dan tingkah laku di depan anggota keluarga adalah termasuk metode pendidikan yang paling baik dan utama. Bahkan para ulama menjelaskan bahwa pengaruh yang ditimbulkan dari perbuatan dan tingkah laku yang langsung terlihat terkadang lebih besar dari pada pengaruh ucapan.

Dan tentunya teladan yang paling baik adalah diri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam baik teladan untuk keluarga, untuk sahabat, untuk tetangga dan juga teladan baik untuk masyarakat. Allah Ta’ala berfirman yang artinya : "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah" (QS al-Ahzaab : 21).


Artikel Menarik Lainnya :

Di Publish Di Muhasabah

"Contoh Teladan Yang Baik"

Post a Comment