Kesabaran Rasulullah

Kesabaran Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.Tidak ada seorang pun yang mengalami berbagai musibah, kesulitan, penderitaan, dan krisis seperti yang dialami oleh Rasulullah shallallahu a'alaihi wa sallam.Beliau adalah termasuk orang yang sabar dan penuh perhitungan.

Allah Subhanahu Wa ta'ala berfirman : "Bersabarlah (hai Muhammad) dan tiadalah kesabaran itu melainkan dengan pertolongan Allah....(QS. an-Nahl [16] : 127).

Kesabaran Rasulullah tatkala menjadi yatim, dalam kefakiran, kemiskinan, kelaparan, kebutuhan, kelelahan, kedengkian, dan penindasan musuh yang datang sesekali.Beliau bersabar sewaktu diusir dari bangsanya, diusir dari rumahnya, dan jauh dari keluarga.Kesabaran beliau atas pembunuhan kerabatnya, penangkapan para sahabat-sahabatnya, pengusiran para pengikutnya, pengusiran para pengikutnya,permusuhan dari musuhnya, persatuan musuh dan orang-orang yang memeranginya, kebencian orang-orang yang mempunyai kepentingan, kesombongan para penindas, kekasaran orang Badui, makar orang Yahudi, kesombongan orang Nasrani, keburukan orang munafik, dan kemadharatan dari orang-orang yang memusuhi.

kesabaran rasulullah shallalllahu , kesabaran,teladan orang-orang yang bersyukur

Kesabaran Rasulullah atas perangai buruk tetangga dekat dan sikap permusuhan tetangga yang jauh, paksaan orang yang batil, dan kezhaliman para pembohong.Beliau bersabar atas dunia dengan segala perhiasannya dan keindahannya serta emas dan peraknya, tidak tertarik sedikitpun dengan dunia.

Kesabaran Rasulullah atas tantangan para penguasa, ancaman para penguasa, ancaman para pejabat, dan syahwat para pemimpin.Beliau berpaling dari semua itu untuk mencapai keridhaan Allah Ta'ala.
Rasulullah shalalllahu 'alaihi wa sallam adalah orang yang sabar, penuh perhitungan dalam setiap tindakan dari berbagai tindakan dalam kehidupannya, maka sabar adalah baju, tameng, sahabat, dan sekutunya.

Setiap kali perkataan musuhnya menggelisahkannya, beliau berdzikir :"maka bersabarlah kamu atas apa yang mereka katakan..." ( QS. Thaahaa [20] : 130 ).

Setiap kali keadaan dan masalah yang sangat menyusahkan menimpanya, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam selalu berdzikir : "Maka kesabaran yang baik itulah (kesabaran)." (QS. Yusuf [12]:18 ).

Setiap kali ancaman musuh datang dan membuat tidurnya tidak nyenyak, beliau berdzikir :"Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dan rasul-rasul..." (QS. al-Ahqaf [46]:35 ).

Kesabaran Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah kesabaran yang yakin akan pertolongan Allah Subhanahu Wa Ta'ala,yang tenang atas janji Allah, yang teguh pada Rabbnya, dan yang mengharapkan pahala dari Rabbnya yang Maha Agung.Kesabaran Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam adalah kesabaran yang yakin bahwasannya Allah Ta'ala betul-betul akan menolongnya, bahwasannya kebaikan adalah untuknya, bahwasannya Allah Ta'ala selalu bersamanya dan sungguh Allah-lah yang telah mencukupinya..

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sabar atas perkataan yang jelek, sehingga perkataan itu tidak menggoyahkannya.Beliau bersabar atas kata-kata yang menyakitkan, sehingga kata-kata tersebut tidak menggelisahkannya.Beliau juga bersabar atas sikap yang disengaja untu menyakitinya maka beliau tidak merasa sakit.

Ketika pamannya beliau meninggal, Rasulullah bersabar, ketika istri beliau meninggal, beliau bersabar, ketika Hamzah terbunuh, beliaupun bersabar.Orang-orang menyebutnya sebagai orang gila, seorang penyair, dukun, tukang sihir, pendusta, dan orang yang lemah beliau tetap dalam kesabarannya.Orang-orang mengusirnya, menyakitinya, mencercanya, mencaci-makinya, memusuhinya, memenjarakannya beliau pun tetap dalam kesabarannya.

Apakah kesabaran tersebut bisa dipelajari selain dari beliau ? Apakah ada orang lain yang patut diikuti selain dari beliau?Rasulullah shallallahu 'alahi wa sallam adalah contoh serta suri tauladan kita dalam kelapangan dada, keagungan kesabaran, kebesaran keindahan akhlak dan juga keteguhan hati.Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam imam orang-orang yang sabar dan teladan orang-orang yang bersyukur.

Demikian tadi saudaraku mengenai kesabaran Rasulullah.Semoga Berguna dan bermanfaat saudaraku...


Kumpulan Soal-Soal TES CPNS 2014 dan Kunci Jawabannya
Blog, Updated at: Wednesday, January 18, 2012

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2010 ~ 2014 Sharing Informasi. All Rights Reserved. New Johny Wuss Template by CB Blogger - Original Theme by Mastemplate