Home » » Akun Facebook Twitter Jokowi Palsu

Akun Facebook Twitter Jokowi Palsu

Pernyataan Andi Widjajanto selaku Setkab yang mengatakan bahwa Akun Facebook Dan Akun Twitter Presiden Joko Widodo Jokowi adalah palsu. Karena secara resmi kegiatan Presiden Jokowi disampaikan melalui website resmi bukan di media sosial semacam FB atau pun Twitter.

Akun Presiden Joko Widodo dalam facebook dan twitter yang selama ini dipercayai sebagai akun pribadi Jokowi, ternyata akun abal-abal (palsu). Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto. "Presiden tidak memegang akun apapun, baik di facebook maupun twitter," tegas Andi.

Ditandaskan, bahwa seluruh kegiatan Jokowi disampaikan lewat website resmi kepresidenan.

Akun Facebook Twitter Jokowi Palsu

Akun Twitter Facebook Jokowi Asli Apa Palsu


Facebook Jokowi dengan nama Joko Widodo dengan tanda verifikasi yang memberikan informasi bahwa benar akun tersebut dari yang bersangkutan. Tentang akun itu sendiri juga disebutkan bahwa menjadi Laman Resmi Facebook Ir H Joko Widodo Presiden Terpilih Republik Indonesia 2014-2019.

Masalah akun Facebook dan twitter sang presiden nampaknya semakin membingungkan. Setelah politisi PDIP Aria Bima mengatakan bahwa akun twitter (@jokowi_do2) dan Facebook (Joko Widodo) hanya dikelola oleh tim sukses saat masa kampanye, dan bukan oleh tim resmi kepresidenan, Sekretaris Kabinet pun menyatakan hal yang sama.

Andi memastikan bahwa Jokowi tidak pernah menulis sendiri di akun media sosialnya yang selama ini dilihat oleh publik. Termasuk akun milik Ibu Negara Iriana Jokowi. “Presiden tidak memiliki atau memegang akun apapun baik itu Twitter atau Facebook.

Dari pihak Istana menggunakan secara resmi menyalurkan berita kegiatan presiden itu di (website) setneg/setkab,” kata Seskab Andi Widjajanto saat dikonfirmasi soal keberadaan akun tersebut seperti dilansir dari detik.com.

Namun, saya kemudian menemukan sebuah video di youtube, yakni di sebuah acara Indonesia Young Changemaker Summit di Solo. Yang mana dalam video tersebut Joko Widodo (waktu itu belum jadi presiden) mengatakan dengan jelas dan mempersilahkan hadirin untuk mengetwit akun twitter dan facebooknya yang dikelolanya sendiri, bukan oleh staff.

Twitter Jokowi dengan alamat @Jokowi_do2 ada sejak Jokowi menjadi Walikota Solo. Tweet terakhir di akun ini tercatat pada Agustus 2014. Pada masa kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 2014, akun tersebut juga aktif menuliskan cuitannya.

Pada masa kampanye pilpres 2014, akun yang yang dibuat sejak September 2011 itu kerap menuliskan setiap kegiatan Jokowi bahkan sesekali mengunggah foto Jokowi. bahkan pada Mei 2014, @jokowi_do2 secara terang-terangan meminta kepada pendukung pasangan capres-cawapres Jokowi-JK untuk memberikan sumbangan sebagai dana kampanye.

Fakta Akun Facebook Twitter Presiden Jokowi


Berikut beberapa hal fakta gambaran terkait dengan persoalan akun facebook dan twitter jokowi seperti yang dilansir dari jpnn antara lain adalah sebagai berikut :

Palsu tapi Terverifikasi

Penyebutan akun Facebook dan Twitter palsu milik Presiden Jokowi bisa saja diklaim Andi Widjajanto. Namun dari kedua akun jejaring sosial itu, semuanya terverifikasi. Hal itu ditandai dengan tanda centang di ujung nama pemilik akun berwarna biru bundar, sementara centangnya berwarna putih.

Untuk mendapatkan status verifikasi ini, pihak manajemen twitter maupun facebook terlebih dahulu menghubungi penanggung jawab dari pengelola atau pemilik akun tersebut.

Di facebook sendiri, jelas ada Joko Widodo dengan tanda verifikasi. Tentang akun itu sendiri disebutkan bahwa menjadi Laman Resmi Facebook Ir H Joko Widodo Presiden Terpilih Republik Indonesia 2014-2019.

Sementara di twitter juga demikian dengan akun @jokowi_do2. Pengikutnya sudah mencapai 2,66 juta.

Palsu tapi Istana Membiarkan

Andi memiliki alasan menyatakan bahwa akun Jokowi di Facebook dan Twitter Jokowi adalah palsu. Alasannya, Istana menggunakan website resmi untuk menyampaikan informasi terhadap seluruh kegiatan presiden ketujuh.

"Dari pihak Istana menggunakan secara resmi menyalurkan berita kegiatan presiden itu di Setneg/Setkab. Opini juga bukan. T‎ermasuk Ibu Iriana juga bukan," kata Andi di Jakarta, Selasa (27/1) malam.

Apakah akun palsu ini akan dilapor ke polisi? Andi mengatakan bahwa pihak Istana Negara tidak melakukan langkah hukum. Ia menganggap semua tulisan di akun itu tidak ada yang sesuai dengan kegiatan presiden selama ini.

Palsu tapi Dikutip Sendiri di Website Resmi Setkab

Website resmi www.setkab.go.id ternyata pernah mengutip apa yang ditulis oleh akun facebook Joko Widodo yang selama ini identik dengan pribadi Jokowi.

Kutipan yang dimaksud adalah berita di situs Setkab berjudul Presiden Jokowi: Kurangilah Perdebatan Yang Membuat Kita Jalan di Tempat. Berita tersebut diposting pada 14 Januari 2015.

“Selamat pagi bangsaku, mari kita bangun bangsa ini lewat gagasan-gagasan besar, dan kurangilah perdebatan-perdebatan yang membuat kita selalu jalan di tempat,” tulis Presiden Jokowi melalui fanpage facebook pribadinya, yang diunggahnya Rabu (14/1) pagi,"

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment