Anjuran Adzan dan Iqamah Pada Bayi

Anjuran Adzan dan Iqamah Pada Bayi.Alhamdulillah adalah ucapan pertama kali bila kita dikarunia seorang anak hasil dari buah pernikahan kita tentunya.Dan dalam menyambut buah hati ini ada beberapa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan diantaranya yaitu anjuran Adzan dan Iqamah.Anjuran untuk adzan dan iqamah ini banyak hadist yang membahasnya.

Dibawah ini beberapa hadist yang menganjurkan adzan dan iqamah pada bayi dan diantaranya yaitu :
1. "Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengumandangkan adzan di telinga Hasan bin 'ali ketika Fathimah melahirkannya"
( HR. Abu Daud, Tirmidzi ).

2. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :"Siapa saja yang dikaruniai seorang bayi lalu dia mengumandangkan adzan di telinga kanannya dan iqamat di telinga kirinya, maka bayi itu akan dijauhkan dari 'Ummush Shibyan'"
( HR. Baihaqi )

Adapun rahasia menganjurkan adzan dan iqamah pada bayi, Wallahu a'alam agar yang pertama-tama mengetuk pendengaran anak manusia adalah kalimat yang memuat keagungan dan kebesaran Illahi serta serta syahadat yang merupakan jalan yang pertama-tama harus ditempuh untuk menganut agama Islam.Jadi, dengan adzan seolah-olah mengajarkan kepada bayi tentang syiar Islam pada saat bayi tersebut memasuki kehidupan dunianya.

anjuran adzan dan iqamah pada bayi, adzan iqamah bayi, sunnah adzan dan iqamah bayi

Tidak perlu dipungkiri, pengaruh adzan akan sampai ke dalam hati si bayi.Dia akan terpengaruh dengannya meskipun bayi itu belum tahu apa-apa.Faedah lain dari mengadzankan bayi yaitu larinya setan yang menghindar dari kalimat adzan karena sebelum itu setan memang selalu mengintai bayi sampai lahir, selanjutnya dia akan selalu berusaha menyertainya untuk menguji dan membernya bencana.Jka memang ditakdirkan dan dikehendaki Allah.Biarlah setan dari bayi itu mendengar sesuatu yang membuatnya lemah dan marah saat pertama kali hendak mendekati anak manusia.

Masih ada lagi makna adzan ditelinga bayi, yaitu agar seruan yang terkandung di dalam adzan, yaitu seruan kepada Allah, kepada agama Islam, dan beribadah kepadaNya mendahului seruan setan.Begitu pula, agar fitrah Allah, dengannya anak manusia diciptakan, mendahului penyimpangan dan pengalihan yang diupayakan setan.

'Ummush Shibyan' : Ada yang mengatakan itu adalah jin perempuan.Ada pula yang mengatakan apa saja yang menakutkan anak.

Demikian tadi saudaraku mengenai anjuran adzan dan iqamah.Semoga Berguna dan bermanfaat saudaraku...


Kumpulan Soal-Soal TES CPNS 2014 dan Kunci Jawabannya
Blog, Updated at: Monday, December 26, 2011

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2010 ~ 2014 Sharing Informasi. All Rights Reserved. New Johny Wuss Template by CB Blogger - Original Theme by Mastemplate