Home » » Pendaftaran Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN)

Pendaftaran Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN)

Penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri(PTAIN) tahun 2014 ini akan mulai dibuka oleh Kementrian Agama mulai dari tanggal 18 Februari – 30 April 2014 melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dengan pola seleksi secara nasional oleh UIN/IAIN/STAIN. Hal ini seperti yang telah dilansir informasi dan pengumuman dari laman website www.kemenag.go.id pada hari selasa 7 Januari 2014 kemarin.

Seleksi masuk perguruan tinggi agama Islam 2014 ini akan dilakukan dengan tahapan pendaftaran online dan semuanya adalah dengan melalui website tempat informasi pengumuman lengkapnya di lama website www.um-ptain.ac.id untuk jalur ujian (UM-PTAIN) dan span-ptain.ac.id untuk jalur seleksi (SPAN-PTAIN). Adapun ujian tulis seleksi masuk PTAIN adalah meliputi tes potensi akademik dan tes bidang studi prediktif (studi dasar, wawasan keislaman, IPA dan IPS).

Pendaftaran Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) 2014

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali saat meluncurkan SPAN-PTAIN dan ujian masuk perguruan tinggi agama Islam, di Jakarta, Selasa (7/1), menyebutkan bahwa seleksi tersebut dapat diikuti oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa membedakan jenis kelamin, agama, ras, suku, kedudukan sosial dan kemampuan ekonomi.

Ketua Panitia Penyelenggara penerimaan mahasiswa baru, Mudji Rahardjo menyatakan persyaratan ikut ujian masuk PTAIN, adalah lulus dari satuan pendidikan SMA/MA/SMK/MAK/Pesantren Mu’adalah atau yang setara tahun 2012, 2013, dan 2014, memiliki kesehatan memadai, dan memenuhi persyaratan yang ditentukan PTAIN penerima.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengakui belakangan ini minat masuk PTAIN makin tinggi seiring diintegrasikannya berbagai disiplin ilmu agama dan umum ke dalam perguruan tinggi Islam. Kementeran Agama tidak lagi mengotak-kotakkan ilmu agama dan umum. Karena itu, kini mahasiswa dari madrasah atau berasal dari pondok pesantren bisa belajar ilmu kedokteran.

Termasuk untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia terdidik kalangan perbankan syariah, kini sedang dikembangkan pendidikan bisnis syariah di PTAIN, dan ini sejalan dengan permintaan pasar. Karena itu, Menag dalam waktu dekat akan ke Jeddah, Arab Saudi, untuk membicarakan program magang dan pemberian bea siswa dari Bank Pembangunan Islam (IDB).

Menag pun mengakui akan mengetuk kalangan perbankan untuk memberi bantuan ke lembaga pendidikan Islam yang tidak dapat kucuran dana dari APBN. Ini logis, karena banyak bank penerima setoran (BPS) haji mengelola dana haji cukup besar. “Kita minta kepeduliannya untuk umat,” jelas Menag. (www.kemenag.go.id)

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

1 komentar:

  1. dengan cara pendaftaran melalui website mengurangi biaya perjalanan para calon mahasiswa yang ada jauh dipelosok negeri yang pengen daftar ke perguruan Tinggi Agama Islam Negeri kan....kemajuanlah dikit mah

    ReplyDelete

Terbaru Info Sharing