Gangguan-Gangguan Tidur

Manfaat tidur bagi kesehatan adalah memberikan kesempatan untuk terjadinya proses regenerasi sel, perbaikan siklus peredaran darah. Dan juga bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan kinerja jaringan, munculnya zat-zat yang mnghilangkan keresahan dan kegalisahan, membuang racun, memperbaiki kinerja syaraf dan banyak proses lainnya. Proses dalam tidur tersebut hanya dapat terjadi pada saat tidur, tidak dapat digantikan dengan cara lainnya apalagi dengan pemberian obat-obatan. Ada beberapa macam gangguan tidur yang bisa mengganggu proses penting yang didapat dalam tidur tersebut.

Akibat dampak kurang tidur bagi seseorang akan bisa menyebabkan seseorang tersebut yang mengalaminya akan mudah terserang stress dan juga depresi pula. Akibat kurangnya pemenuhan kebutuhan tidur ini juga akan berdampak pada hal yang mengganggu aktivitas seseorang pada keesokan harinya, seperti halnya sulit untuk dapat berkonsentrasi dengan baik, dan menjadi kurang bersemangat dan serta bisa menyebabkan terjadinya gangguan emosi. Untuk itu kita memerlukan mengerti akan berbagai hal yang berhubungan dengan gangguan tidur.

Tidur dipandang dari sudut kesehatan semestinya menjadi waktu untuk relaksasi dan beristirahat. Sebagian besar dari kita memiliki siklus fase tidur yang bisa diprediksi saat tidur, yaitu, fase tidur non-REM (rapid-eye-movement) kemudian diikuti fase penuh mimpi, yakni fase REM. Ketika batas antar fase tersebut menjadi terganggu dan juga mengganggu waktu tidur terganggu, ada banyak hal yang dalam hidup yang ikut mengalami gangguan pula. Karena istirahat tidur adalah adalah merupakan bagian dari kebutuhan manusia yang harus dipenuhi dengan baik.

Macam Jenis Gangguan Tidur

Ada beberapa jenis gangguan tidur yang umum terjadi pada sebagian orang ini yaitu contohnya :

Mendengkur (Mengorok).
Umumnya orang menganggap mendengkur ini adalah hal yang biasa serta lazim terjadi. Padahal ditinjau dalam segi medis kesehatan bahwa mendengkur ini adalah salah satu gangguan tidur yang bisa berakibat fatal, terutama jika sudah mengalami apa yang disebut dengan sleep apnea (henti napas saat tidur), karena bisa memicu penyakit jantung dan stroke juga. Sleep apnea (henti napas saat tidur) adalah suatu kondisi terhentinya nafas secara periodik pada saat tidur.

Insomnia.
Pengertian insomnia adalah ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan tidur, baik itu secara kualitas maupun dalam hal kuantitas. Kebutuhan tidur yang sehat adalah berkisar antara 7-8 jam dalam sehari. Dan bila hal ini tidak dipenuhi dengan baik akan mempengaruhi status kesehatan dalam jangka panjangnya. Kurang tidur banyak juga dikaitkan dengan obesitas, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung. Penyebab insomnia dikarenakan bisa karena gangguan fisik atau karena bisa juga karena faktor mental seperti adanya perasaan gundah atau pun gelisah.

Narkolepsi.
Yang dimaksud dengan pengertian narkolepsi adalah gelombang kantuk yang tak tertahankan yang muncul secara tiba-tiba pada siang hari. Gangguan tidur semacam ini disebut juga sebagai "serangan tidur" atau sleep attack. Penyebab jenis gangguan tidur yang berupa narkolepsi pastinya belum diketahui. Diduga karena kerusakan genetik system saraf pusat yang menyebabkan tidak terkendali lainnya periode tidur REM.

Rasa Mengantuk (sleepiness).
Wajar bila kita kurang tidur sering merasa mengantuk dan mengeluh sangat lelah atau tidak bertenaga. Rasa mengantuk baru dianggap bermasalah jika frekuensinya mengantuk tersebut terjadi terlalu sering dan muncul tidak pada tempatnya. Contohnya ketika menonton TV, membaca, atau pun ketikan dalam bekerja atau meeting, atau ketika berbicara dengan orang lain.

Somnambulisme.
Pengertian somnambulisme adalah keadaan perubahan kesadaran, fenomena tidur-bangun terjadi pada saat bersamaan. Sewaktu tidur, daalam keadaan tidak sadar penderita melakukan aktivitas motorik yang biasa dilakukan seperti berjalan, berpakaian, atau pergi ke kamar mandi dan lain-lain. Akhir kegiatan tersebut kadang penderita terjaga. Kemudian sejenak kebingungan dan tertidur kembali. Ia tidak ingat lagi akan kejadian yang baru dialaminya tersebut.

Mimpi Buruk (Nightmare).
Terjadinya gangguan tidur semacam ini pada umumnya sepertiga awal tidur. Dengan gejala tanda gangguan tidur ini tiba-tiba terbangun tengah malam disertai teriakan, menangis ketakutan. Hal ini dikarenakan tidur yang disertai dengan mimpi buruk. Mereka yang sering mengalaminya memiliki kecendrungan untuk mengalami skizofrenia. Untuk itu dalam Islam kita mengenal akan adab Islami sebelum tidur yang dicontohkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Gangguan tidur pada wanita atau pun gangguan tidur pada laki-laki semuanya bisa mengalami akan hal tersebut di atas. Akan tetapi yang paling umum dan banyak terjadi pada sebagian besar orang adalah susah sulit tidur yang dalam bahasa kesehatannya disebut dengan istilah insomnia.


Kumpulan Soal-Soal TES CPNS 2014 dan Kunci Jawabannya
Blog, Updated at: Thursday, April 25, 2013

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2010 ~ 2014 Sharing Informasi. All Rights Reserved. New Johny Wuss Template by CB Blogger - Original Theme by Mastemplate