Ad

Tanggung Jawab Orang Tua

Ad

Tanggung Jawab Orang Tua - Visi dan tujuan hidup kita sebagai seorang muslim adalah kembali kepada Allah dan masuk ke dalam surga-Nya. Oleh karena itu, salah satu tanggung jawab orang tua adalah dengan mendidik seluruh anggota keluarganya agar menjadi hamba-hamba Allah yang taat. Sehingga dicatat sebagai golongan Ahli surga dan diselamatkan dari siksa neraka.

kewajiban orang tua, Muhasabah

Ada beberapa tanggung jawab orang tua dan diantaranya yaitu :
  1. Kewajiban Memimpin Keluarga. Berkaitan dengan kewajiban memimpin ini maka orang tua mempunyai kewajiban untuk membimbing anggota keluarga menempuh agama Allah dan juga menyelamatkan dari api neraka. Allah Ta'ala berfirman :
    "Hai orang-orang yang beriman jagalah diri dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya terdiri dari manusia dan batu". (QS. At-Tahrim: 6)
    . Dalam memimpin keluarga, maka figur orang tua dan contoh serta suri tauladan yang baiklah akan sangat membantu dalam menjalankan kewajiban ini. Tentunya sikap dan perilaku yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.
  2. Anak-anak yang lahir, tumbuh dan di besarkan dalam lingkungan keluarga yang dipenuhi kelemahlembutan, dan dalam balutan pendidikan Islam yang baik maka pada saat dewasa ia pun akan menjadi pribadi yang penyabar, penuh cinta kasih dan mudah memaafkan. Karena, anak-anak belajar (terutama) dari apa yang ia lihat. Terutama dalam keluarga adalah figur ayah dan ibunya.
  3. Kewajiban Memberikan Nafkah yang Halal. Kewajiban dalam memberikan nafkah halal ini selamanya akan tetap terpikul di pundak para ayah. Adapun bagi para ibu, tidak ada kewajiban baginya untuk menafkahi keluarga. Jika kemudian pada perkembangannya para ibu bekerja untuk membantu tugas para ayah memenuhi kebutuhan keluarga dengan tetap menjaga kehormatan diri ketika keluar rumah, ia akan diberi pahala shadaqah atas apa yang diberikannya. Dalam hal ini Allah ta'ala telah berfirman :
    "Dan menjadi kewajiban para ayah, untuk memberi makanan dan pakaian kepada istri dan anak-anaknya.." (QS. Al-Baqarah:233)
    . Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
    "Satu dinar yang engkau infakkan fi sabilillah, satu dinar yang engkau infakkan untuk memerdekakan budak, satu dinar yang engkau shadaqahkan untuk orang miskin, dan satu dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu. Pahalanya lebih besar yang engkau nafkahkan untuk keluarga". (HR. Muslim)
    . Dalam hal kewajiban memberikan nafkah, tidak semua jenis nafkah yang diberikan orang tua akan diganjar dengan kebaikan. Hanya nafkah yang halal sajalah yang akan dibalas oleh Allah dengan pahala yang besar dan juga ampunan-Nya. Sementara sebaliknya yaitu nafkah yang haram dalam mendapatkannya, tidak akan mendapat ganti dan menambah apa pun selain kecelakaan, kesengsaraan dan kehinaan, baik bagi yang memberi maupun yang menerima, dunia dan akhirat.
  4. Kewajiban Mendidik Anak. Dalam hal kewajiban mendidik ini tentunya orang tua harus memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anaknya. Tentu saja pendidikan agama yang merupakan pondasi keselamatan dunia akherat dan juga pendidikan formal atau pun non formal lainnya yang sekarang banyak di sekitar kita. Pendidikan dunia dan juga pendidikan akherat dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam rangka mendidik anak.

Artikel Menarik Lainnya :

Di Publish Di Muhasabah

"Tanggung Jawab Orang Tua"

Post a Comment