Home » » Pendengar Yang Baik

Pendengar Yang Baik

Pendengar Yang Baik.Apabila kita ingin menempuh jaln termudah untuk meraih hati orang lain, maka jadilah pendengar yang baik untuk mereka.Pasang semua indera kita, mulai dari mata, mata, wajah yang serius dan hati pun juga harus berperan.Perhatian kita pada pembicaraan orang lain menunjukkan bahwa kita pendengar yang baik dan menghargai sebagai lawan bicara.

Pendengar

Ibnu Abbas berkata :
"Temanku mempunyai 3 hak yang harus aku berikan yaitu jika ia datang aku memberinya tempat, bila ia duduk aku menghadapnya dan jika ia bicara maka aku mendengarkannya dengan baik." ('Uyun Al Akhbar fi Fanni al Hiwar,I/307 )
Tidak memperhatikan pembicaraan orang lain merupakan salah satu sikap yang kurang sopan, karena hal itu bisa menimbulkan sakit hati atau memberikan kesan melecehkan orang yang tengah berbicara.Misalnya ada orang yang bicara, ia malah memandang kesana-kemari, membaca buku, menulis SMS, mengernyitkan wajah, beranjak dari tempat duduk sebelum pembicaarannya selesai, suka memotong pembicaraan.

Al Hasan pernah berkata :
"Bila kamu bicara dengan seseorang, maka berusahalah untuk mendengar dengan baik,lebih baik daripada saat kamu bicara.Belajarlah bagaimana menjadi pendengar yang baik, sebagaimana kamu belajar bagaimana cara bicara yang teratur dan jangan pernah memotong pembicaran orang lain." ( Al Adab Al Kabir wa Adab Ash-Shaghir, hal.136 )
Berikut bait-bait syair Abu Tammam Ath'i :
Siapa orangnya yang bila kubuat marah ia malah membalasnya dengan kelembutan.
Bila aku bicara dengannya, aku bisa minum manisnya akhlaq yang mulia dan mabuk oleh adabnya yang tinggi.
Yang mendengarkan pembicaraan dengan seksama, padahal mungkin saja ia jauh lebih mengerti?
Demikian tadi saudaraku mengenai menjadi pendengar yang baik dan semoga bermanfaat saudaraku

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment