Home » » Ciri Tanda Bayi Alergi Susu

Ciri Tanda Bayi Alergi Susu

Tentunya mempunyai anak yang sehat menjadi idaman kita sebagai orang tua. Dan menjaga kesehatan anak termasuk bagian dari ini adalah menjaga anak atau pun bayi yang alergi. Baik itu alergi susu sapi atau pun alergi susu formula perlu mendapat perhatian kita sebagai para orang tua. Karena bayi alergi susu jangan dibiarkan berlarut-larut karena bisa mengancam status kesehatan bayi dan anak-anak kita pula.

Proses alergi susu sapi pada anak sebenarnya bisa terjadi karena bayi atau pun anak yang bersangkutan lebih sensitif terhadap komponen protein susu (paling sering dalam hal alergi ini adalah akibat beta-lactoglobulin) atau pada proses pembuatan susu, sehingga komponen protein ini akan bereaksi dengan antibodi tubuh yang memicu terbentuknya immunoglobulin E (IgE). Inilah yang bisa menjadi penyebab bayi anak alergi pada susu baik itu susu sapi atau pun susu formula yang kebanyakan adalah terbuat dari protein susu pada sapi.

Tanda Bayi Alergi Susu

Yang dimaksud dengan pengertian alergi adalah seperti yang telah dibahas pada sobat blogger ini merupakan suatu kumpulan gejala sebagai reaksi imunologi tubuh terhadap suatu zat, baik itu berupa makanan atau pun sesuatu dari lingkungan. Zat yang dapat memicu alergi ini disebut dengan alergen dalam dunia medis kita mengenalnya. Orang tua harus cukup cermat dalam mengenali akan ciri bayi alergi susu sapi ini pula.

Alergi susu sapi termasuk alergi makanan yang biasa dijumpai pada bayi atau anak-anak. Paling banyak kasusnya terjadi pada anak di bawah 3 tahun karena mekanisme pertahanan saluran cernanya belum matang. Hal ini bisa terjadi karena adanya faktor penghambat masuknya protein susu sapi melalui lapisan epitel usus belum cukup matang, sehingga akan banyak bahan alergenik yang menembusnya. Protein yang bersifat alergenik ini kemudian masuk ke dalam sistem sirkulasi, dan selanjutnya sistem imun akan mengenalinya sebagai benda asing dan menyerangnya, sehingga terjadilah gejala alergi.

Tanda bayi alergi susu ini dapat kita jumpai bila seorang bayi atau pun akan mengalami beberapa gejala alergi susu sapi seperti halnya berikut ini :
  1. Kulit bayi atau anak akan menjadi kemerahan, gatal, bengkak, dan eksim.
  2. Bisa mengakibatkan gangguan saluran pencernaan pada bayi atau anak seperti halnya mual, muntah, diare, dan juga sakit perut.
  3. Pada saluran pernafasan bisa mengakibatkan timbulnya batuk pilek berulang, sesak nafas dan juga asma.
Alergi susu sapi pada umumya akan terjadi pada bayi yang diberikan susu formula dan memiliki bakat alergi yang diturunkan oleh salah satu atau pun oleh kedua orangtuanya. Hal ini disebabkan masalah alergi ini erat kaitannya dan dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan dan imunologi seseorang anak atau pun bayi.

Bayi alergi susu formula dapat terjadi dikarenakan ketika sistem kekebalan tubuh pada bayi / anak melakukan penilaian yang salah kepada zat-zat yang terkandung dalam susu sapi sehingga menyangka bahwa susu sapi tersebut dapat membahayakan tubuh maka sistem kekebalan tubuh akan melakukan serangkaian aksi dalam melawannya dan biasanya tanda yang kita dapatkan adalah reaksi alergi dan diekspresikan bayi anak akan sering rewel, dan juga gelisah disertai gejala umum alergi lainnya. Bila bayi anak alergi susu sapi tanda di atas akan terlihat.

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Terbaru Info Sharing