Home » » Amalan Ibadah Berpahala Besar

Amalan Ibadah Berpahala Besar

Amalan Ibadah Berpahala Besar Kita Mengetahui bahwasannya kitaa hidup di dunia ini alah untuk beribadah kepada Allah Ta'ala dengan segala syariatNya yang telah dicontohkan dalam Al-Qur'an dan Al-Hadist dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Kehidupan di dunia ini merupakan tempat untuk menambah dan memperbanyak amalan-amalan yang baik agar manusia bahagia setelah kematiannya serta rela dengan apa yang ia kerjakan. Termasuk juga dalam amalan ibadah berpahala besar di dalamnya.

Setiap orang muslim di antara kita tentu menginginkan berumur panjang supaya bertambah kebaikannya. Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam tatkala beliau ditanya,

"Siapakah orang yang paling baik itu?” Beliau menjawab “Yaitu orang yang panjang umurnya dan baik amalannya.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad).
amalan ibadah berpahala besar, Muhasabah

Berikut beberapa amalan yang ringan dan mendapatkan pahala yang besar. Tetapi yang harus digaris bawahi adalah bukan pahala yang selalu kita kejar dalam melakukan ibadah, tetapi justru yang paling utama adalah keikhlasan kita dalam menjalani kewajiban kita beribadah kepada Allah dan mengharap akan RidhoNya. Kewajiban kita adalah melaksanakan ibadah dan pahala semuanya adalah hak Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Termasuk dalam mengerjakan amalan ibadah berpahala besar ini

Melaksanakan serta mengerjakan amalan-amalan ibadah tentunya harus berdasar kepada Al-Qur'an dan juga sunnah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam. Demikian pula dalam mengerjakan ibadah yang mempunyai pahala besar. Berikut beberapa amalan ibadah berpahala besar adalah :
  1. Melaksanakan sholat lima waktu di masjid. Berdasarkan sabdanya Shallallahu ‘alaihi wa sallam :"Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan suci untuk sholat fardhu, maka pahalanya seperti pahala haji." (HR. Abu Dawud). Dan yang lebih utama agar keluar dari rumahnya menuju masjid sudah dalam keadaan suci, bukan bersuci di masjid, kecuali dalam keadaan terpaksa dan darurat.
  2. Sholat berjamaah bersama imam. Berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : "Sholat berjamaah itu lebih baik dari pada sholat sendiri dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  3. Silaturahmi. Silaturahmi ini ada dalam sebuah hadist dari Rasulullah shallalalahu 'alaihi wa sallam yaitu : "Barangsiapa ingin dilapangkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaknya menyambung (tali) silaturahminya."(HR. Bukhari dan Muslim).
  4. Berakhlak mulia. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Silaturahmi, berbudi mulia, dan ramah pada tetangga (dapat) mendirikan kabilah dan menambah umur."(HR. Ahmad dan Baihaqi).
  5. Puasa Ramadhan dan enam hari di bulan Syawwal setelahnya. Berdasarkan sabdanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : "Barangsiapa pusa Ramadhan kemudian diikuti enam hari di bulan Syawwal, maka (pahalanya) seperti puasa setahun." (HR. Muslim).
  6. Menghadiri halaqoh-halaqoh ilmu di masjid. Berdasarkan sabdanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ”Barangsiapa berangkat ke masjid dia tidak menginginkan kecuali untuk belajar sesuatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya adalah seperti pahala orang yang beribadah haji dengan sempurna." (HR. Ath-Thabrani)
  7. Melaksanakan umroh pada bulan Ramadhan. Berdasarkan sabdanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: "Umroh di bulan Romadhan sama dengan haji bersamaku." (HR. Bukhari).


Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

1 komentar: