Home » » Mendidik Dan Memuliakan Anak Perempuan

Mendidik Dan Memuliakan Anak Perempuan

Mendidik anak perempuan dalam Islam telah ada ajaran dan juga tuntunan sunnah Rasulullah SAW. Ada beberapa hadits yang juga menunjukkan keutamaan seseorang yang berbuat baik kepada anak-anak perempuannya, memberikan nafkah, dan bersabar terhadap mereka dan dalam segala urusannya. Islam memuliakan anak perempuan. Allah SWT yang menganugerahkan anak perempuan telah menjanjikan surga bagi hamba-Nya yang berbuat kebaikan kepada anak perempuannya.

Kehadiran buah hati merupakan bagian kebahagiaan dalam sebuah keluarga. Bahkan banyak pula keluarga yang mendambakan kehadiran anak dengan melakukan berbagai tips cepat hamil juga belum pula diberikan dan di karuniai oleh Allah Ta'ala. Untuk itulah bersukur bila dikarunia seorang anak perempuan dan sungguh-sungguh dalam memberikan pendidikan baik pendidikan agama dan juga pendidikan dunianya.

Mendidik Dan Memuliakan Anak Perempuan

Pada jaman jahilillah dahulu bila keluarga diberikan kabar akan kelahiran anak perempuan maka mereka merasa malu. Karena dalam adat budaya jahiilillah adalah merupakan kebanggaan bila mempunyai seorang anak laki-laki. Gambaran akan terhinanya kaum jahilliah dahulu tergambarkan dalam Al-Qur'an .

"Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar gembira dengan kelahiran anak perempuan, merah padamlah wajahnya dan dia sangat marah. Dia menyembunyikan diri dari orang banyak karena buruknya berita yang disampaikan kepadanya. Apakah dia akan memelihara anak itu dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya hidup-hidup di dalam tanah? Ketahuilah, betapa buruknya apa yang mereka tetapkan itu." (QS. An-Nahl: 58-59)

Hal ini tentunya akan bertentangan dengan ajaran Islam yang juga memberikan gambaran mengenai ganjaran pahala memelihara mendidik anak perempuan. Dari hadist Rasulullah SAW kita memahami betapa Islam sangat memuliakan anak perempuan. Seorang anak perempuan yang diasuh, dididik, dibina, diberikan penghidupan layak, tak dibedakan dengan anak laki-laki, tumbuh menjadi sosok sholihah mampu membawa kedua orang tuanya ke surga.

Rasulullah secara khusus bersabda pada umatnya tentang keberuntungan anak perempuan dan memiliki saudara atau kerabat perempuan. "Barang siapa yang mengeluarkan belanja untuk dua anak perempuan, atau dua saudara perempuan, atau kaum kerabat perempuan yang patut disediakan belanja untuk keduanya, sehingga keduanya diberi Allah kecukupan atau kemampuan, jadilah keduanya itu dinding (pelindung) dari neraka." (HR. Ibnu Hibban dan At Thabrani).

Ada beberapa dalil hadist mengenai hal keutamaan mendidik, merawat anak perempuan dan salah satu dalilnya adalah sebagai berikut seperti yang telah ada dalam dalam riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah juga menyebutkan kedekatannya dengan orang tua yang memelihara anak-anak perempuan mereka dengan baik kelak pada hari kiamat:

"Barangsiapa yang mencukupi kebutuhan dan mendidik dua anak perempuan hingga mereka dewasa, maka dia akan datang pada hari kiamat nanti dalam keadaan aku dan dia (seperti ini),” dan beliau mengumpulkan jari jemarinya." (HR. Muslim no. 2631).

Terima Kasih Telah Membaca & Silakan berbagi dengan sahabat lainnya Sharing Informasi

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment