Ad
Wednesday, February 20, 2013

Tuntunan Islam Menyambut Kelahiran

Kelahiran buah hati anak adalah sebuah kebahagiaan bagi setiap pasangan suami istri. Dan kebahagiaan menyambut kelahiran bayi tentunya harus selalu untuk disyukuri. Anak adalah karunia yang teramat indah tak mampu diungkapkan dengan kata-kata. Proses melahirkan bayi adalah sebuah perjuangan bagi seorang ibu karena harus mempertaruhkan nyawanya juga dalam sebuah proses persalinan yang dilaluinya.

Islam juga telah memberikan tuntunan menyambut kelahiran bayi ini. Tatkala seorang anak lahir, pasangan dan keluarga bersukacita. Dalam syariat Islam didapati tuntunan berkenaan dengan ungkapan rasa kegembiraan dan kebahagiaan saat seorang anak lahir.

Tuntunan Islam Menyambut Kelahiran

Menyampaikan bisyarah (kabar gembira) untuk sesorang yang lahir anaknya. Al-bisyarah ini adalah menyampaikan pada seseorang tentang sesuatu yang menyenangkan hatinya. Penyampaian kabar gembira memiliki peranan yang penting dalam menanamkan kerukunan dan rasa saling cinta di hati kaum muslimin. Dan ini adalah salah satu dari sekian adab menyambut kelahiran anak.

Di dalam kitab-Nya, Allah Ta'ala menyampaikan kabar gembira akan lahirnya seorang anak keturunan Nabi Ibrahim a.s melalui para malaikat (QS. Hud:69-71) dan kabar akan diberikannya seorang anak yang sabar dan alim (QS. Adz-Dzariyat:28 & QS. Ash-Shaffat:101). Adapula berita kelahiran Nabi Yahya a.s yang dikaruniakan kepada Nabi Zakariya melalui malaikat-Nya (Ali Imran:39 & Maryam:7). Karena itu salah satu tuntunan Islam menyambut kelahiran anak itu, salah satunya adalah dianjurkan bagi seorang muslim untuk bersegera menyampaikan kabar yang menggembirakan ini kepada saudara-saudaranya.

Ada beberapa adab tuntunan menyambut kelahiran seorang anak manusia di muka Bumi ini yang ada dalam tuntunan Islam diantaranya yaitu :
  1. Mendoakan kebaikan bagi sang bayi baru lahir. Salah satu untuk kebaikan bayi baru lahir adalah doa :"Semoga Allah memberi barokah di atas anak itu dan hendaklah engkau mensyukuri, semoga anak itu dewasa dan kuat, serta engkau (bayi) mendapat ketaatannya".
  2. Adzan Iqomah pada bayi. Sang ayah hendaknya segera mengazani di telinga kanan dan mengiqamahkan di telinga kiri pada anaknya yang baru lahir. Pemberian adzan dan iqamah pada bayi baru lahir ini salah satu tujuannya agar kalimat yang pertama kali didengar sang bayi adalah kalimat thayyibah dan dijauhkan dari segala gangguan setan yang terkutuk. Dalam sebuah hadist dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam yang diriwayatkan dari Rafi’, ia berkata: "Aku melihat sendiri Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengazankan Al-Hassan bin Ali pada telinganya ketika ia baru dilahirkan oleh Fatimah."(HR. Abu Daud dan Tirmidzi).
  3. Tahnik (Mengoleskan sesuatu yang manis di mulut bayi). Pengertian tahnik adalah mengunyah kurma hingga lembut dan halus, lalu dimasukkan ke dalam mulut bayi. Hal ini termasuk dalam sunnah menyambut kelahiran bayi sebagaimana dalil hadist yang berbunyi :"Dari Abu Musa al Asy’ary beliau berkata: Dilahirkan bagiku bayi laki-laki, kemudian aku bawa kepada Rasulullah. Lalu Rasulullah menamakan bayi itu Ibrahim dan mentahniknya dengan korma serta mendoakan keberkatan atasnya, lalu menyerahkan kembali kepadaku. Dan dia (Ibrahim) merupakan anak Abu Musa yang paling besar (sulung).(HR. Bukhari no. 5467, Muslim III/1690, Ahmad IV/339). Tujuan tahnik adalah persiapan agar bayi nantinya mudah untuk merasakan manisnya air susu ibu dan juga agar anggota mulut bayi kuat sehingga mampu menghisap air susu ibunya. Cara mentahnik bayi adalah dengan meletakkan sedikit buah kurma di atas jari telunjuk dan dimasukkan ke mulut bayi serta dengan perlahan-lahan digerakkan ke kanan dan kiri. Ini dilakukan agar kurma tadi bisa menyentuh seluruh mulut bayi hingga terkena rongga tekaknya.
  4. Melaksanakan Aqiqah Bayi. Pelaksanaan aqiqah anak ini dilakukan dengan cara menyembelih dua ekor kambing untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan. Sedangkan syarat bagi hewan untuk akikah yang disembelih sama dengan syarat hewan untuk berkurban. Dan inilah tuntunan panduan adab Islami menyambut kelahiran bayi yang ada dalam agama kita yaitu Islam.
  5. Memberi nama baik untuk anak. Salah satu dari kewajiban orang tua lainnya adalah dengan memberikan nama yang baik kepada anaknya. Karena nama merupakan doa dan sebuah harapan dari orang tua. Arti nama dalam Islam adalah bukan hanya sekedar label saja, akan tetapi mengandung makna yang berarti dalam hal doa, citra diri, dan identitas seorang muslim.
  6. Mencukur Rambut. Pada saat tujuh hari kelahiran bayi, juga disunnahkan untuk memotong rambut si bayi. Hal ini sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasululah SAW ketika cucunya Hasan dan Husain lahir. Beliau Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan untuk memotong rambut dan menimbangnya ukuran perak, kemudian disedekahkan kepada fakir miskin.
Dengan kita mengenal beberapa panduan menyambut kelahiran anak ini akan bisa memberikan kita manfaat serta kita juga bisa mengamalkan sunnah Rasululullah SAW dalam kelahiran bayi ini.

Abu Farras Adab
Friday, February 15, 2013

Kehamilan Anak Kembar

Kehamilan adalah sebuah proses yang normal dan fisiologis bagi seorang ibu. Karena tentunya seorang anak atau pun bayi lahir di dunia ini atas ijin dan kehendak Allah serta melalui perantara seorang ibu yang hamil. Bila ibu mengandung bayi janin yang kembar, adakah tanda dan ciri khusus mempunyai kehamilan anak kembar ini.

Ada beberapa tanda ibu hamil bayi kembar dalam kandungannya. Pengertian kehamilan adalah sebuah proses yang diawali dengan keluarnya sel telur yang matang pada saluran telur yang kemudian bertemu dengan sperma dan keduanya menyatu membentuk sel yang akan bertumbuh (BKKBN, 2004). Nah pada anak atau bayi yang kembar maka sel telur yang dibuahi berjumlah dua sehingga terjadilah proses kehamilan bayi kembar.

Kehamilan kembar adalah suatu kehamilan dimana terdapat dua atau lebih janin dalam rahim seorang ibu hamil. Kehamilan kembar ini bisa terjadi karena terjadi pembuahan dua atau lebih sel telur. Atau bisa juga terjadi karena satu sel telur yang dibuahi membelah diri secara dini hingga terbentuk dua embrio ( calon bayi ) yang sama pada tahap awal kehamilan. Dan inilah yang dimaksud fisiologis bayi dalam kandungan seorang ibu akan menjadi kembar 1, 2 bahkan bisa sampai 4 kembar bayi.

Kehamilan janin bayi kembar

Ada beberapa faktor pendukung ataupun faktor yang bisa menyebabkan seorang ibu mempunyai bisa mempunyai keturunan bayi yang kembar dan faktor tersebut adalah :
  1. Faktor Keturunan. Ada sebuah analisis kesehatan yang menghasilkan data bahwa dari 25 anak kembar 4 % diantaranya dilahirkan dari ibu yang juga kembar, dan dari 60 anak kembar hanya 1,7 % saja yang dilahirkan dari ibu yang mempunyai suami kembar. Jadi faktor keturunan bisa mempunyai peranan dalam proses kehamilan bayi kembar.
  2. Ras. Faktor ras juga berpengaruh dalam hal ini. Myrianthopoulus (1970) mengidentifikasi kehamilan kembar terjadi 1 diantara 100 kehamilan pada orang kulit putih dan pada orang kulit hitam terjadi 1 diantara 80 kehamilan.
  3. Faktor asupan nutrisi gizi ibu hamil. Nylander (1971) mengatakan peningkatan kehamilan kembar berkaitan dengan nutrisi yang direfleksikan dengan peningkatan berat badan ibu. Seorang ibu dengan badan yang besar dan tinggi mempunyai resiko hamil kembar berkisar antara 25 % - 30 %.
Tanda kehamilan janin kembar dapat kita kenali dari beberapa tanda gejala seorang ibu hamil. Berikut beberapa tanda ciri kehamilan kembar yang bisa kita ketahui sebagai berikut :
  • Perut ibu akan terlihat lebih besar daripada perut ibu yang hamil pada umumnya. Ukuran yang melebihi normal ini biasanya akan terlihat ketika usia kehamilan ibu telah beranjak memasuki trimester yang ke 2. Hal yang mudah, bandingkan saja dengan ibu hamil yang biasa dengan ibu yang diduga memiliki kehamilan janin dua. Jika lebih besar maka kemungkinan bisa merupakan kehamilan yang sama. Ini juga merupakan salah satu cara mengetahui kehamilan bayi kembar yang bisa dilakukan secara pribadi ibu.
  • Terkadang ibu hamil akan merasakan mual-muntah atau morning sickness yang lebih parah daripada umumnya kehamilan seorang ibu. Hal ini karena peningkatan dari hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) mengalami peningkatan tajam.
  • Rabalah perut ibu dengan lembut, cari bagian besar yang agak menonjol. Pada kehamilan tunggal akan teraba dua bagian besar, yaitu kepala dan bokong. Sementara pada kehamilan kembar, akan teraba tiga atau lebih bagian besar. Akan teraba satu bokong dan dua kepala, dua bokong dan satu kepala, dua kepala dua bokong, dan seterusnya. Minimal akan teraba tiga bagian besar. Dan ini pula yang bisa menjadi tanda kehamilan lebih dari 1 janin.
  • Dalam dunia kedokteran maka pemeriksaan kehamilan yang bisa memastikan bahwa ada bayi kembar adalah dengan menggunakan alat yang disebut dengan USG. Dengan menggunakan USG ini akan jelas terlihat bila memang sang ibu sedang mengandung anak kembar. Dan ini adalah salah satu cara efektif dan terbukti untuk memastikan adanya sebuah kehamilan yang kembar atau pun janin bayi yang kembar dalam satu kandungan. Dari pemeriksaan kehamilan kembar ini juga sang Dokter dapat mendengarkan dua detak jantung. Dua detak jantung yang terpisah dapat dibuktikan sampai usia kehamilan 12 minggu. Pada sekitar usia 28 minggu, sangat mungkin untuk membedakan dua kepala janin dan beberapa bagian kecil ketika melakukan pemeriksaan USG.
Abu Farras Info Sehat
Wednesday, February 13, 2013

Pemeriksaan Kesehatan Ibu Hamil

Dalam menjalani sebuah proses kehamilan bagi seorang ibu yang mengandung, memeriksakan kesehatan kehamilan adalah salah satu cara yang harus dijalani oleh para ibu hamil. Tujuan pemeriksaan kesehatan ibu hamil adalah menjaga kesehatan fisik dan mental ibu dan bayi dengan memberikan pendidikan gizi, kebersihan diri dan proses kelahiran bayi.

Selain itu juga manfaat pemeriksaan ibu hamil ini adalah mendeteksi secara dan menatalaksana komplikasi medis, bedah ataupun obstetri selama kehamilan serta juga membantu menyiapkan ibu untuk menyusui dengan sukses, menjalankan puerperium normal, dan merawat anak secara fisik, psikologis dan sosial. Demikian yang banyak saya dapatkan dari artikel-artikel kawan saya yang banyak mengupas mengenai dunia kesehatan yaitu Portal Kesehatan.

Pemeriksaan Ibu Hamil

Pemeriksaan kehamilan ini pula bila di dalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah ANC (Ante Natal Care) Pengertian antenatal care ini adalah kunjungan ibu hamil dengan tenaga kesehatan untuk mendapatkan pelayanan ANC sesuai standar yang ditetapkan.

Pelayanan antenatal merupakan salah satu kegiatan dari program kesehatan ibu dan anak, pelayanan ini bisa dilaksanakan oleh bidan di Poliklinik, BPS (Bidan Praktik Swasta), dan Rumah Sakit. Selain itu, pelayanan antenatal juga bisa diberikan pada waktu pelaksanaan Posyandu, di tempat praktik dokter, di rumah bersalin atau di Puskesmas. Tentunya harus dilakukan oleh tenaga profesi kesehatan yang telah diakui dan juga disyahkan.

Standar pemeriksaan ibu hamil menurut Departeman Kesehatan RI adalah meliputi beberapa macam jenis pemeriksaan yaitu :
  1. Memberikan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan ibu hamil minimal dalam masa kehamilan 9 bulan adalah empat kali yaitu satu kali pada trimester I, satu kali pada trimester II, dan dua kali pada trimester III untuk memantau keadaan ibu dan janin dengan seksama.
  2. Melakukan penimbangan berat badan ibu hamil dan pengukuran lingkar lengan atas (LILA) secara teratur mempunyai arti klinis penting, karena ada hubungan yang erat antara pertambahan berat badan selama kehamilan dengan berat badan lahir bayi. Jenis pemeriksaan ibu hamil ini jangan sampai terlewatkan pula.
  3. Penimbangan berat badan dan pengukuran tekanan darah harus dilakukan secara rutin dengan tujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap terjadinya tiga tanda gejala preeklamsi yaitu tekanan darah tinggi (hipertensi), protein urine positif, pandangan kabur atau oedema pada bagian ekstremitas atas.
  4. Pemberian imunisasi tetanus toxoid (TT) kepada ibu hamil sebanyak 2 kali dengan jarak minimal 4 minggu. Tujuan imunisasi TT pada ibu hamil adalah untuk menghindari terjadinya tetanus neonatorum dan tetanus pada ibu bersalin dan nifas.
  5. Memberikan penyuluhan tentang perawatan diri selama hamil, perawatan payudara, gizi ibu selama hamil, tanda bahaya pada kehamilan dan pada janin. Sehingga dengan mengenal dan mengetahui akan hal ini akan memberikan pengetahuan yang penting bagi ibu yang sedang mengalami masa mengandung. Apalagi penting bagi ibu yang baru pertama kali merasakan kehamilan. Dan ini juga termasuk salah satu dari rangkaian macam pemeriksaan ibu hamil.
  6. Bicarakan tentang persiapan persalinan kepada ibu hamil, suami/ keluarga pada trimester III, memastikan bahwa persiapan melahirkan bersih dan sehat serta aman dan dalam suasana yang menyenangkan, persiapan transportasi dan biaya untuk merujuk bila diperlukan.
Demikian beberapa macam pemeriksaan kesehatan kehamilan yang perlu diketahui dan juga dijalankan oleh para ibu yang sedang mengandung demi kesehatan ibu dan juga calon janinnya pula.

Abu Farras Info Sehat
Tuesday, February 12, 2013

Pendaftaran CPNS 2013

Pendaftaran Online CPNS 2013 dan juga informasi mengenai penerimaan cpns tahun 2013 telah banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia yang ingin menjadi seorang abdi negara dan juga abdi masyarakat menjadi seorang PNS. Tentunya juga pendaftaran CPNS tahun 2013 ini juga termasuk di dalamnya. Termasuk informasi terbaru mengenai Penerimaan CPNS Kementrian Kesehatan Terbaru September 2013 ini yang akan dimulai proses pendaftaran onlinenya adalah 23-27 September pertengahan bulan ini juga.

Setelah Kementrian Kesehatan Republik Indonesia membuka penerimaan TKHI PPIH 2013 yang membuka kesempatan kepada para tenaga kesehatan untuk menjadi petugas kesehatan haji tahun 2013 M 1434 H, Pemerintah Indonesia jugatelah membuka lowongan CPNS 2013 pada tahun ini juga.

Informasi mengenai beberapa kementrian yang telah membuka CPNS Bulan September 2013 ini dan juga mengenai Penerimaan CPNS 2013 Instansi Pusat (Kementrian/Lembaga/ Badan) antara lain adalah sebagai berikut :
Pendaftaran Penerimaan CPNS Online 2013

Bagi kawan dan sahabat-sahabat yang membutuhkan informasi mengenai pendaftaran CPNS Kemenkes Depkes 2013 bisa membacanya di CPNS Depkes Tahun 2013 dan juga informasi mengenai penerimaan CPNS kemenkes 2013 di CPNS Kemenkes Kementrian Kesehatan 2013 ini untuk informasi terbarunya.

Peningkatan jumlah peminat dan peserta ujian cpns 2013 yang akan dilakukan secara online malaui website yang digunakan dalam proses penerimaan calon pegawai negeri sipil di tahun 2013 ini. Sepertinya hal ini akan tetap banyak dan juga akan mengalami peningkatan dalam jumlah peserta ujian CPNS dalam setiap tahunnya. Apalagi dengan berhentinya masa moratorium (penghentian penerimaan CPNS baru) pada tahun ini juga. Ada beberapa jumlah kementrian dan juga pemerintah daerah juga yang rencananya akan membuka lowongan CPNS Pusat Dan Daerah 2013 ini juga.

Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat mengatakan, rekrutmen CPNS 2013 sudah hampir bisa dipastikan dijalankan. Sebab dalam postur APBN 2013 ada postur anggaran untuk gaji CPNS baru, katanya. Tetapi Tumpak Hutabarat tidak hafal secara rinci besaran anggaran tersebut (wan-Jpnn). Termasuk dalam perekrutan dan juga pendaftaran cpns kemenkeu 2013 ini.

Pengumuman penerimaan cpns 2013 ini tentunya akan sangat memberikan semangat bagi kawan-kawan yang mencoba untuk meraih impian menjadi seorang PNS. Keinginan untuk menjadi salah satu dari pegawai PNS ternyata tidak memudarkan semangat para calon pegawai negeri sipil ini untuk mengikuti seleksi penerimaan cpns 2013 ini.

Bagi sahabat-sahabat yang membutuhkan akan berbagai macam soal latihan dan prediksi soal-soal cpns 2013 bisa memperoleh dan membacanya di artikel berikut ini yang mengupas mengenai soal-soal cpns 2013-1014 yang akan membantu persiapan sahabat-sahabat semuanya dalam menghadapi ujian tulis cpns di tahun 2013 ini.

Ada beberapa pendaftaran cpns 2013 baik itu tingkat pusat dan juga CPNSD yang membuka formasi lowongan kosong dan juga formasi cpns 2013 untuk pns atau pun mengganti banyak sejumlah pegawai negeri sipil yang akan mendapatkan masa pensiunnya. Bagi kawan-kawan yang membutuhkan informasi mengenai kementrian pusat serta daerah yang membuka penerimaan lowongan CPNS tahun 2013 ini bisa membacanya secara lengkap di : Penerimaan CPNS Tahun 2013.

Sedangkan mengenai jadwal pendaftaran CPNS tahun 2013 ini seperti yang telah dipaparkan oleh Wakil Men­teri Pendayagunaan Apara­tur Ne­­gara dan Reformasi Birokrasi (Wa­men PAN-RB) Eko Prasodjo bahwasannya pelaksaan ujian cpns 2013 akan dimulai Bulan Juni atau pun paling lambat pada bulan Juli tahun ini.

Pendaftaran cpns 2013 ini memang banyak menyita perhatian warga negara Indonesia yang menginginkan untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil di Pemerintahan Pusat atau pun Pemerintah Daerah. Padahal pada jaman dahulu untuk menjadi seorang CPNS atau pun PNS banyak yang menolaknya. Sekarang peminat CPNS bertambah dari tahun ke tahun.

Info cpns 2013 beserta kapan dimulainya pendaftaran serta penerimaan untuk cpns tahun ini juga banyak yang mencarinya. Selain untuk bisa melengkapi syarat tentunya persiapan menghadapi tes cpns juga perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya bagi keseluruhan peserta tes pns pula.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pernyataan Wakil Men­teri Pendayagunaan Apara­tur Ne­­gara dan Reformasi Birokrasi (Wa­men PAN-RB) Eko Prasodjo berkaitan dengan proses perekrutan cpns dan juga jadwal penerimaan cpns tahun 2013 serta juga seleksi CPNS 2013 ini kawan-kawan bisa membacanya lebih jelas di laman website berikut ini yaitu di : Jadwal Penerimaan CPNS 2013.

Untuk proses penerimaan CPNS tahun ini juga akan dinilai pula mengenai tenaga honorer yang telah mengabdi di Pemerintahan. Untuk pembagian kategori tenaga honorer terbagi menjadi dua yaitu kategori honorer 1 dan kategori honorer 2. Pengertian kategori I atau tenaga honorer K1 adalah honorer yang gajinya didanai dari APBN dan APBD.

Sedangkan pengertian dari kategori II adalah tenaga honorer K2 adalah honorer yang upahnya (gajinya) tidak bersumber APBN dan APBD juga. Masing-masing dari pembagian dan klasifikasi tenaga yang mengabdi dan honorer tersebut memiliki kesempatan untuk menjadi dan diangkat sebagai CPNS pada tahun 2013 ini. Dan berita terbaru bahwa jadwal CPNS tahun 2013 ini mengalami kemunduran karena belum turunnya budget anggaran dana dari kementrian keuangan belum keluar.
Abu Farras Lowongan CPNS
Sunday, February 10, 2013

Ciri Rumah Sehat Islami

Rumah adalah tempat pendidikan bagi anak-anak kita baik itu pendidikan mengenai dunia bahkan juga pendidikan untuk akherat sang anak serta juga seluruh anggota keluarga. Untuk itulah bagaimana cara menciptakan lingkungan rumah yang sehat serta islami perlu pula kita ketahui agar rumah kita selalu dalam suasana yang menyenangkan dan islami bagi perkembangan mental seluruh anggota keluarga.

Pengertian rumah adalah sebuah bangunan yang mempunyai fungsi tempat tinggal dan berkumpul suatu keluarga. Rumah juga merupakan tempat seluruh anggota keluarga berdiam dan melakukan aktivitas yang menjadi rutinitas sehari-hari penghuni rumah tersebut. Ada juga definisi rumah merupakan jantung kehidupan yang semestinya dapat menjadi sumber kedamaian, sumber inspirasi, dan sumber energi bagi pemiliknya.

Ciri Tanda Rumah Sehat, Ciri Kriteria Rumah Islami

Sedangkan pengertian rumah dalam ajaran Islam adalah adalah sebagai tempat dan juga sumber ketenangan. Hal ini berdasarkan firman Allah Ta'ala yang artinya sebagai berikut :"Allah menjadikan untuk kamu rumah-rumah kamu sebagai tempat ketenangan." (QS. An-Nahl: 80).

Ada beberapa hal yang perlu menjadikan perhatian ketika kita menginginkan mendapatkan kriteria rumah sehat dalam sebuah rumah tempat kita tinggali dan diami :
  1. Ciri Rumah Sehat memerlukan ventilasi udara dan juga ventilasi cahaya yang mencukupi. Mempunyai fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) yang sehat dan bersih. Ventilasi Rumah ini mencakup akan jendela dan pintu yang cukup. Untuk pertukaran udara dipagi siang maupun ketika sore hari. Jendela yang ideal untuk kesehatan adalah yang sering dibuka tutup agar pertukaran udara berjalan dengan baik pula. Saat malam, jendela dan pintu harus ditutup dengan sempurna pula.
  2. Kebersihan Rumah Terjaga. Kita ketahui bersama bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman dan kebersihan adalah juga merupakan pangkal kesehatan. Sehingga bila kita mengidamkan sebuah tempat tinggal yang sehat tentunya harus bisa memenuhi standar bersih dan sehat bagi sebuah rumah. Sistem bangunan yang dimiliki tersebut bisa memungkinkan agar rumah bisa menjadi bebas kotoran, debu, asap serta kontaminan lainnya yang bisa berefek terhadap kesehatan.
  3. Standar rumah sehat juga perlu dilihat dari segi lingkungan tempat tinggal. Jauh dari polusi baik itu polusi udara, polusi suara dan juga berada dalam lingkungan masyarakat yang saling bantu membantu satu sama lainnya antar warga masyarakat sekitarnya.
  4. Suasana Lingkungan Sehat dalam Rumah terbagi dengan memperhatikan faktor seperti halnya : tata letak pengaturan rumah, penggunaan material dalam pembangunan rumah, bentuk massa bangunan sesuai ciri kriteri rumah yang sehat, struktur serta perabot rumah tangga yang tidak membahayakan bagi anggota keluarga.
Sedangkan suasana rumah yang Islami adalah dengan menciptakan kondisi suasana rumah yang bisa kita lakukan dengan cara sebagai berikut :
  • Rumah dihiasi dengan sederhana dan dari harta yang halal. Menghiasi rumah yang islami adalah dengan menggunakan harta yang diperoleh secara halal serta barokah. Karena menghiasi rumah adalah juga hal yang wajar dari setiap pemilik rumah. Dan tidak berdosa pula bila seseorang menghiasi rumahnya serta juga dari segi pakaiannya dan juga sandalnya pula. Hal ini tercermin dari hadist Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam yang artinya :"Tidak akan masuk sorga orang yang dalam hatinya ada seberat zarrah daripada kesombongan. Kemudian ada seorang laki-laki yang bertanya: Ya Rasulullah! Seseorang itu biasa senang kalau pakaiannya itu baik dan sandalnya pun baik pula, apakah itu termasuk sombong? Jawab Nabi. Sesungguhnya Allah itu baik, Ia suka kepada yang baik.”"(HR. Muslim). Namun dalam hal ini ada yang harus digarisbawahi yaitu tidak menghiasi rumah secara berlebih-lebihan. Apalagi bila rumahnya diberikan lambang-lambang kemusrikan dan kemewahan yang berlebihan pula.
  • Rumah Yang Luas dan Bersih. Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam yang artinya :"4 hal yang membawa kebahagiaan, yaitu perempuan shalehah, rumah yang luas, tetangga yang baik dan kendaraan yang enak." (HR. Ibnu Hibban). Bersih ini juga tentunya berkaitan dengan kesehatan pula bagi para penghuninya. Rumah dan kesehatan adalah dua hal yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat sekarang ini. Untuk itu ketika akan membangun rumah yang sehat maka perlu pula dipikirkan bentuk dan desain rumah yang memenuhi standar kesehatan pula. Hal ini bertujuan agar penghuni rumah terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit yang menular. Ventilasi yang baik perlu menjadi perhatian pula. Kesehatan bukan lagi masalah tim kesehatan saja, arsitek yang merencanakan rumah sebagai tempat tinggal juga memiliki peran untuk meningkatkan kualitas kesehatan penghuni rumah melalui desain rumah yang dibuatnya.
  • Tidak Memajang Patung, tidak memelihara hewan seperti anjing. Rasulullah shaallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :""Sesungguhnya Malaikat tidak akan masuk suatu rumah yang di dalamnya ada patung."(HR. Bukhari dan Muslim). Memelihara anjing yang dilarang Rasulullah SAW adalah memelihara anjing di dalam rumah tanpa ada suatu keperluan. Hal ini juga berkaitan erat dengan najis dari air liur hewan anjing tersebut yang bisa menempel perabot-perabot rumah kita. Dan itulah beberapa ciri rumah islami.
Abu Farras Info Sehat
Sunday, February 03, 2013

Pendaftaran TKHI PPIH 2013

Rekrutmen TKHI PPIH tahun 2013 oleh Kementrian Kesehatan telah dibuka. Bagi para tenaga kesehatan baik itu para dokter, dokter spesialis, para perawat, tenaga radiologi, apoteker kesempatan untuk menjadi salah satu tenaga kesehatan haji tahun 2013 terbuka lebar. Beberapa persyaratan pendaftaran juga diberlakukan dalam seleksi penerimaan tenaga kesehatan Indonesia untuk musim haji tahun 2013 atau 1434 H ini.

Perlu pula diperhatikan beberapa dokumen yang penting yang perlu disertakan dalam pendaftaran tenaga kesehatan haji 2013 ini. Persyaratan dalam kelengkapan administrasi pendaftaran TKHI 2013 ini juga harus dilengkapi dengan benar sehingga nantinya dalam proses pendaftaran TKHI PPIH tahun 2013 ini bisa terpenuhi dengan baik.

Pendaftaran tenaga kesehatan haji Indonesia, Pendaftaran TKHI PPIH 2013

Pengumuman resmi dari Kementrian Kesehatan RI melalui laman website http://puskeshaji.depkes.go.id/web/ telah beredar beberapa hari yang lalu. Berikut adalah info penerimaan pendaftaran tenaga kesehatan haji Indonesia Tahun 2013 1434 H :

PENGUMUMAN PENERIMAAN PETUGAS KESEHATAN

HAJI INDONESIA TAHUN 2013 M/1434 H


KEMENTERIAN KESEHATAN RI MEMBUKA KESEMPATAN KEPADA TENAGA KESEHATAN DI SELURUH INDONESIA YANG BERAGAMA ISLAM, UNTUK MENJADI PETUGAS KESEHATAN HAJI INDONESIA TAHUN 2013 M/1434 H.

Persyaratan Umum pendaftaran PPIH tahun 2013 :
  1. Warga Negara Indonesia yang beragama Islam.
  2. Pegawai Negeri (PNS/TNI/POLRI) atau pegawai tetap di Rumah Sakit/Klinik swasta.
  3. Bagi pendaftar yang bekerja di Rumah Sakit/Klinik Swasta, melampirkan surat izin operasional Rumah Sakit/Klinik Swasta.
  4. Memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan Ijazah.
  5. Berusia maksimal 55 tahun.
  6. Berbadan sehat dan khusus wanita tidak dalam keadaan hamil, berdasarkan hasil medical check up.
  7. Berpengalaman kerja sekurang-kurangnya 2 tahun pada tempat yang sama dan dibuktikan dengan SK penempatan atau SPMT, dan surat pernyataan pengalaman bekerja dari atasan langsung dan diketahui pimpinan instansi.
  8. Mendapat persetujuan secara tertulis dari atasan langsung dan diketahui pimpinan instansi
  9. Mendapat persetujuan secara tertulis dari suami.
  10. Pasangan Suami-istri tidak boleh mengajukan lamaran pada musim haji yang sama.
  11. Bersedia tidak memahrami suami-istri, orang tua dan/atau mertua baik sebagai petugas maupun jamaah haji.
  12. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan sesuai kebutuhan operasional.
  13. Tidak sedang terlibat dalam proses hukum.
Persyaratan Khusus. Berikut beberapa syarat dalam pendaftaran TKHI Tahun 2013 :
TKHI KLOTER. Bagi Dokter pendaftar untuk tenaga TKHI 1443 H ini harus memiliki dan memenuhi beberapa persyaratan seperti berikut ini :
  • Memiliki Sertifikat kegawat daruratan medik (ATLS, ACLS, ATCLS, ALS, GELS).
  • Memiliki STR/SIP yang masih berlaku.
  • Memiliki Integritas yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Organisasi Profesi.
Untuk perawat yang akan mendaftar sebagai tenaga TKHI juga harus memenuhi beberapa persayaratan sebagai berikut :
  • Perawat, dengan pendidikan minimal Sekolah Perawat Kesehatan (SPK).
  • Memiliki Sertifikat kegawat daruratan keperawatan (BTLS, BCLS, BTCLS, BLS, PPGD, Emergency Nursing)
  • Memiliki STR/SIP (Surat Ijin Perawat) yang masih berlaku.
  • Memiliki Integritas yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Organisasi Profesi
Bagi kawan-kawan yang membutuhkan mengenai INFORMASI LENGKAP dan MENDETAIL beserta LINK MENGUNDUH DAN DOWNLOAD dari jadwal rekrutmen, pengumuman resmi dari kemenkes, daftar kelengkapan dokumen dan lain-lainnya sahabat bisa langsung menuju ke link yang tersedia BERIKUT INI : KLIK BAGIAN SINI .

HAL-HAL YANG PENTING HARUS DIPERHATIKAN dalam pendaftaran penerimaan TKHI PPIH Tahun 2013 1434 H ini adalah sebagai berikut :
  • Pendaftar tenaga kesehatan haji TIDAK DIPUNGUT BIAYA administrasi Rekrutmen.
  • Pendaftar diperbolehkan mendaftar SATU KALI. Pendaftar dengan Registrasi lebih dari satu kali dinyatakan DISKUALIFIKASI.
  • Pendaftar diminta menggunakan satu alamat surat elektronik (e-mail) sebagai syarat pendaftaran. Surat Elektronik (e-mail) akan digunakan sebagai syarat pendaftaran, pengumuman peserta latih, pemanggilan pelatihan dan diseminasi informasi lainnya. Untuk itu, harap pendaftar dapat mengecek e-mail pribadi secara rutin.
  • Bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan, silakan mendaftar melalui laman berikut ini : http://puskeshaji.depkes.go.id/web/
Formasi yang dibutuhkan dalam proses rekrutmen tenaga kesehatan haji Indonesia 2013 ini diantaranya yaitu : dokter umum, Dokter Spesialis, Perawat, Analisis Kesehatan, Rekam medis, Radiografer (radiologi), Tehnik elektromedik, Nutrisionis, tenaga farmasi, dan juga sanitasi suveilans.



Abu Farras Artikel Terbaru